Maag semua orang mungkin sudah tahu penyakit ini, bahkan kalau kita mau menyadarinya maagmaag ini adalah salah satu gangguan yang paling banyak terjadi. Bahkan seperti yang kita tahu, baru-baru ini salah seorang presenter sekaligus dokter sampai meregang nyawa setelah mengalami maag akut bertahun-tahun.

Sebelum kasus dokter Ryan Thamrin, bisa dibilang nyaris tidak ada orang yang menyadari kalau maag akut dapat menyebabkan kondisi yang se-berbahaya itu. Tapi karena kasusnya pula kita sudah seharusnya sadar kalau penyakit maag akut gak boleh diremehkan.

Penyakit Maag Akut yang Gak Boleh Diremehkan oleh SegiEmpatMenurut pakar maag sebenarnya tidak tergolong sebagai penyakit melainkan tergolong sebagai gejala yang menandakan adanya penyakit tertentu yang sedang menggerogoti tubuh. Maag umumnya terjadi jika tubuh mengalami penyakit tukak lambung atau penyakit asam lambung, tapi selain itu infeksi perut dan penyakit irritable bowel syndrome yang merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan khususnya usus besar.

Dari kasus dokter Ryan, maag yang dialaminya terjadi karena adanya peradangan pada dinding bagian dalam di lambungnya yang bersifat akut serta ditandai dengan adanya pengikisan pada dinding dalam di lambung. Hal tersebut memicu rasa nyeri yang sangat hebat dan tajam, yang dikategorikan sebagai maag akut.

Maag akut dipicu oleh banyak faktor, pertama karena sering makan makanan pedas, sering mengkonsumsi kafein baik itu dalam bentuk minuman atau makanan, sering mengkonsumsu obat-obatan anti-inflamasi non-steroid, sering mengkonsumsi minuman beralkohol, makan tidak teratur seperti sering telat makan dan karena sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia. Semua faktor tersebut tanpa sadar dapat memicu iritasi pada permukaan lambung dan akhirnya jadi peradangan dengan rasanya yang sangat menyiksa, karena itu umumnya penderita maag akut akan sangat lemas dan kesakitan.

Nyeri pada perut, khususnya di bagian ulu hati adalah ciri-ciri maag akut yang paling umum, tapi selain itu pastinya masih ada beberapa ciri-ciri lain. Mulai dari perut sering kembung, mual, muntah,sering bersendawa, kurang nafsu makan, penurunan berat badan secara drastis bahkan untuk maag akut yang sudah tergolongberat ciri-cirinya dapat berupa feses yang berwarna gelap dan memuntahkan darah yang warnanya hitam.

Nah sekarang pastinya Anda pun berpikir, “jadi gimana caranya untuk mengatasi maag akut?”. Sayangnya dalam hal pengobatan maag akut akan sedikit sulit untuk dilakukan, karena penderita diharuskan untuyk mengkonsumsi obat secara berkelanjutan. Hal ini tentu tidak mudah karena tidak semua orang bisa disiplin dan mau mengkonsumsi obat secara rutin.

Tapi untuk mencegah maag akut, syaratnya sangat mudah. Anda hanya perlu makan teratur, jangan telat makan, jangan makan pedas secara berlebihan dan makan dengan porsi kecil setiap tiga jam sekali.

Nah, sekarang sudah tahu kan? Semoga dengan kejadian kemarin kita bisa lebih sadar akan bahayanya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca setia SegiEmpat.com.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY