Olahraga yang Bisa Menahan Lapar oleh SegiEmpatDi bulan puasa ini sebenarnya bisa menjadi momen yang pas untuk menurunkan berat badan. Tapi faktanya kebanyakan orang justru tidak bisa melakukannya, bahkan kondisinya justru terbalik, niat untuk menurunkan berat badan selama berpuasa yang ada selama berpuasa berat badan justru bertambah naik.

Hal tersebut mungkin jadi tanda tanya, kok bisa berat badan naik saat puasa? Apalagi saat puasa kita hanya makan dan minum disaat sahur dan berbuka? Sebenarnya pertambahan berat badan saat puasa bukanlah hal yang baru, karena masalah tersebut sudah terjadi sejak lama. Penyebabnya pun sama yaitu kurangnya gerak tubuh yang membuat lemak ditubuh jadi meningkat.

Salah satu kebiasaan banyak orang saat puasa tidak hanya puasa makan dan minum tapi juga puasa gerak, alhasil lemak ditubuh pun semakin menumpuk. Memang saat puasa kita jadi susah bergerak, apalagi untuk olahraga. Tapi sebenarnya ada satu jenis olahraga yang cukup membantu jika dilakukan saat puasa karena olahraga tersebut bisa membantu menahan rasa lapar. Benarkah? Olahraga apa itu? Jawabannya adalah lompat tali.

Ya, lompat tali adalah olahraga yang bisa menahan lapar. Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah pakar dari hasil studi yang mendalam di negeri matahari terbit Jepang. Para peneliti di Jepang mengungkapkan jika olahraga lompat tali yang mengharuskan kita melompat secara vertikal ke atas dapat mempengaruhi hormon lapar. Untuk membuktikan teori tersebut mereka pun melakukan penelitian pada 15 orang pria.

Dalam penelitian setiap pria diharuskan untuk menjalani dua jenis olahraga yaitu bersepeda dan lompat tali setelah itu beristirahat. Para partisipan diharuskan untuk melakukan lompat tali selama 30 menit lalu bersepeda statis kemudian beristirahat. Sepanjang berolahraga para pakar pun terus memantau pergerakan hormonnya dan hasilnya pun terbukti.

Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa mereka yang menjalani olahraga sama sekali tidak merasakan rasa lapar jika dibandingkan dengan saat mereka istirahat. Bersepeda dapat membantu menahan rasa lapar selama 15 menit sedangkan lompat tali selama 30 menit dapat menahan rasa lapar hingga 25 menit.

Dari hasil penelitian tersebut para pakar peneliti juga mengungkapkan satu fakta baru, mereka yang bersepeda memiliki rasa lapar yang jauh lebih besar setelah 15 menit ketimbang lompat tali.

Nah, untuk Anda yang berpuasa olahraga lompat tali mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Berolahraga disore hari menjelang berbuka tentu bisa jadi pilihan, menyehatkan dan dapat pahala.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY