Bukan Cuma soal berat badan yang kelewat batas yang tak bikin nyaman, perut yang ukurannya lebih besar dari badan pun sangat tak bikin nyaman. Bahkan bukan Cuma sulit gerak yang kalau jongkok serasa meluk karung beras, tapi dari segi tampilan perut buncit pun bikin mata jadi sakit. Biasanya sih yang badannya kelewat batas tahu deh gimana rasanya, iya kan?

Jadi wajar saja kalau perut rata itu idaman banyak orang, karena memang bukan Cuma tampilan saja yang bikin nyaman tapi gerak tubuh pun jadi lebih menyenangkan. Cuma nyatanya untuk dapat perut rata itu memang bukan perkara mudah, tidak Cuma dibutuhkan pola makan yang tepat tapi juga rutin berolahraga.

Tapi ternyata, dalam penelitian yang disebut dalam jurnal Circulation, justru mengatakan kalau sebenarnya perut rata itu bisa didapatkan siapa saja. Tak perlu memaksa diri untuk jadi hobi berolahraga atau bahkan memaksakan diri untuk nge-gym bahkan sekedar senam aerobik. Karena sebenarnya siapa saja Cuma membutuhkan 5 menit setiap harinya untuk bisa mendapatkan perut rata dengan satu metode olahraga yang sederhana. Pengen tahu kan olahraga yang bisa bikin perut rata dalam 5 menit?

Plank Olahraga Menakjubkan yang Sederhana tapi Tak Mudah Dilakukan

Ya olahraga yang bisa bikin perut rata dengan cepat adalah plank. Jenis olahraga ini sudah banyak terbukti ampuh untuk membentuk perut dan menghilangkan semua tumpukan lemak yang bikin susah gerak. Karena plank sendiri merupakan olahraga yang melibatkan seluruh area badan saat dilakukan mulai dari punggung, bahu, paha, lengan dan khususnya perut.

Hanya saja meski plank adalah olahraga sederhana namun nyatanya olahraga yang satu ini memang tidak mudah dilakukan. Apalagi bagi kamu-kamu yang baru pertama kali melakukannya. Jangankan untuk bertahan 5 menit, 30 detik saja sudah susah. Karena itu kalau kamu-kamu mau melakukannya ada beberapa hal yang musti kamu tahu.

Pertama, jangan memaksakan diri. Maksudnya bukan berarti kamu gak perlu ngelakuin ya, tapi saat melakukan plank kamu gak mesti memaksakan diri kalau memang tidak bisa. Lakukan semampumu saja, kalau lelah cobalah untuk istirahat dan lakukan kembali semampumu.

Kedua, lakukan plank secara berkala. Untuk olahraga ini yang kamu butuh memang adalah progress tak mesti langsung memaksakan diri untuk menahannya selama 5 menit. Lakukan semampumu tapi yang pasti semakin sering kamu lakukan maka sebaiknya waktu menahannya pun semakin lama.

Ketiga, lakukan plank senyaman mungkin. Kalau tidak dilakukan dengan nyaman plank bisa bikin tubuh kamu tersiksa. Apalagi kalau kamu terlalu fokus untuk menahannya dengan semua rasa sakitnya. Karena itu kamu mesti melakukannya dengan nyaman misalnya sambil nonton tv atau mendengarkan musik.

Keempat, aturan 10 detik. Memang ada yang bilang kalau semakin lama ditahan maka hasilnya semakin baik. Tapi ternyata hal tersebut tidak selalu benar khususnya bagi kamu yang baru pertama kali. Karena itu sebaiknya kamu menerapkan aturan 10 detik, yaitu menahannya selama 10 detik lalu istirahat dan kembali melakukannya 3 sampai 5 menit. Asal ya jangan juga menahan 10 detik tapi istirahatnya 5 menit.

Kelima, aturan khusus bagi kamu yang obesitas dan hipertensi. Buat kamu yang obesitas, melakukan plank sebaiknya tidak dilakukan dengan ujung jari kaki karena bisa membuat punggungmu nyeri. Sebagai gantinya, lakukanlah dengan menggunakan lutut. Sedangkan untuk kamu yang darah tinggi, aturan 10 detik sangat berlaku. Ini demi menghindarkan kamu dari risiko serangan jantung.

Dan satu lagi, kalau kamu ingin hasilnya maksimal pastikan agar kamu melakukannya secara rutin dan menjaga pola makan sehat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY