manfaat puasa untuk kesehatan jiwa dan raga oleh Kesehatan SegiEmpatBulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang begitu dinantikan oleh Umat Muslim. Pahala yang dilipatgandakan di bulan suci ini menjadikan bulan yang penuh berkah ini menjadi bulan yang begitu istimewa. Pada bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk menahan rasa lapar, haus serta emosinya selama seharian penuh. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terlihat memberatkan. Tapi ternyata, berpuasa dapat memberikan dampak positif bagi yang melaksanakannya. Puasa bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga.

  • Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Selama ini mungkin kita berpikir bahwa makanan adalah sumber energi bagi kita. Meskipun demikian, namun tubuh membutuhkan energi yang cukup banyak saat mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika berpuasa, tubuh akan beristirahat dari proses mencerna untuk sementara. Ketika jumlah makanan yang masuk lebih sedikit, maka tubuh juga akan mengeluarkan tenaga yang lebih sedikit untuk mencerna makanan.

Energi yang biasanya digunakan untuk mencerna makanan kemudian akan digunakan untuk membersihkan tubuh. Saat kita berpuasa, tubuh akan mengeluarkan racun yang berada dalam tubuh serta memperbaiki sel, jaringan dan organ yang terdapat dalam tubuh. Puasa juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih bertenaga karena tubuh akan terasa lebih ringan sehingga waktu tidur yang dibutuhkan lebih sedikit. Manfaat lain dari berpuasa adalah semua sistem yang terdapat dalam tubuh bisa menjadi seimbang.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan tubuh dengan berpuasa adalah menyembuhkan beberapa jenis penyakit, baik ringan ataupun berat, detoksifikasi, menurunkan berat badan, membuat Anda terlihat lebih muda,membuat kulit menjadi lebih sehat, merangsang pertumbuhan sel-sel baru, meningkatkan keseimbangan sistem hormon serta meningkatkan imunitas tubuh.

  • Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jiwa

Saat berpuasa, kita akan menjadi lebih waspada dan memiliki fokus yang lebih tajam. Hal ini karena Anda memiliki lebih banyak energi. Dengan begini, Anda bisa melakukan berbagai hal lain yang lebih penting.

Puasa juga bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang serta bahagia. Puasa dapat meningkatkan fokus seseoang pada tujuan hidupnya sehingga mereka bisa lebih mudah mencapainya. Hal inilah yang kemudian membuat depresi menurun sehingga Anda bisa meras lebih bahagia. Puasa juga dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. Puasa juga bisa membuat koneksi spiritual Anda meningkat karena Anda bisa semakin fokus untuk beribadah.

Karena tidak ada makanan yang harus dicerna oleh tubuh, maka energi yang terdapat dalam tubuh bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lain. Hal inilah yang membuat orang yang berpuasa lebih cepat menyelesaikan tugasnya. Tidak adanya makanan membuat seseorang bisa memiliki konsentrasi yang lebih baik. Puasa juga akan menurunkan tingkat kecemasan seseorang dan juga membuatnya bisa tidur dengan lebih nyenyak.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY