Masih banyak yang gak sadar kalau stres itu adalah gangguan psikis yang berbahaya, ya memang sih efeknya tidak seperti penyakit mematikan seperti jantung atau kanker yang memang terkenal mematikan itu. Tapi efek stres sebenarnya bisa se-mematikannya seperti penyakit jantung, bahkan yang terbaru para pakar menemukan fakta bahwa stres dapat memicu penyakit kanker.

Pasti langsung bertanya-tanya kan “gimana ceritanya kanker muncul karena stres?”, nih penjelasan langsung dari pakar kesehatan terhadap 5 jenis kanker yang muncul karena stres.

Kanker yang Muncul Karena Stres oleh SegiEmpatKanker Perut

Dari data yang dilansir American Cancer Society, setidaknya sudah ada 754 ribu kasis kematian karena kanker perut. Yang mana hampir sebagian dari kasus tersebut dipicu oleh stres. Kenapa? coba jawab sendiri deh, saat Anda stres apa yang bakal Anda lakukan? Apakah Anda akan makan banyak? Sering merenung? Merokok atau bahkan mencari pelampiasan pada alkohol?

Well, semua itulah yang jadi faktor munculnya kanker pada perut, apalagi jika Anda mengalami penyakit kronis seperti refluks gastroesofagus.

Kanker Paru-Paru

Sadar atau tidak saat stres, entah itu karena pekerjaan atau karena kurangnya oder demo ehh, bisa memicu jantung berdenyut cepat dan ikut membuat sistem pernapasan meningkat. Dalam kondisi yang wajar tekanan pada jantung dan paru-paru tersebut memang tidak akan memicu gangguan, tapi kalau itu terjadi secara terus menerus tentu bisa memicu masalah.

Denyut jantung yang meningkat dan juga pada pernapasan dapat memicu komplikasi pada sistem pernapasan khususnya paru-paru. Saat itu terjadi maka paru-paru akan terserak obstruktif kronik dimana dapat berakhir dengan kanker.

Kanker Limfoma

Sistem limfatik yang berada di kelenjar getah bening adalah salah satu bagian yang rentan mengalami gangguan sel yang dapat memicu kanker. Salah satunya adalah kanker limfoma yang muncul dalam sistem limfatik tersebut. Nah, menurut pakar stres karena pekerjaan atau stres karena tak kunjung dapat pacar bisa memicu ketegangan pada sistem limfatik dan membuat risiko kanker pun meningkat.

Kanker Usus Besar

Karena pola hidup yang tidak sehat akibat stres, bagian perut termasuk pada bagian-bagian organ yang ada di dalamnya jadi ikut berisiko. Selain kanker perut, stres juga dapat memicu penyakit kanker usus besar.

Kanker Rektum

Rektum adalah bagian usus besar yang fungsinya sebagai “tempat penyimpanan sementara” dari sisa-sisa makanan alias feses atau tinja. Ya di rektumlah feses Anda disimpan untuk sementara waktu sebelum akhirnya dikeluarkan.

Bagian ini ternyata juga bisa berisiko mengalami kanker, dan seperti judul penyebabnya adalah stres dan pola makan buruk akibat stres atau obesitas.

Stres itu sebenanya silent killer yang lebih menyakitkan ketimbang naksir cewek tapi Cuma dianggap teman, nah lho kok jadi urusannya ke jomblo sih?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY