Kanker memang Cuma satu kata tapi berisiko tinggi menyebabkan kondisi yang paling ditakutkan sebagian besar manusia. Siapa sih yang gak takut kanker? Apalagi akibatnya gak Cuma merusak organ tubuh tapi berisiko tinggi menyebabkan kematian.

Nah, ternyata menurut penelitian terbaru para pakar kesehatan menemukan fakta kaitan langsung antara kanker dengan gangguan pada organ mulut yaitu gusi.

Sejak kecil Anda tentu sering kan disarankan sama orangtua supaya rutin membersihkan gigi dan mulut serta menjaganya? Seperti kata pepatah “semua hal yang diperintahkan orangtua itu gak ada yang buruk”. Begitu juga dengan kebiasaan orangtua kita yang selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tujuannya bukan hanya agar gigi sehat dan gak berlubang tapi juga penting untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker.

Anda sendiri pernah gak mengalami yang namanya sakit gusi? Yang tidak hanya nyeri plus nyut-nyut tapi sampai berdarah? Ternyata gusi sakit itu disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Bakteri tersebut muncul dan berkembang biak jika Anda tidak rutin membersihkan gigi dan mulut Anda. Bahayanya lagi, para pakar penelitian seperti yang dilansir dari boldsky menemukan fakta kalau bakteri penyebab gusi sakit tersebut ternyata juga dapat menyebabkan kanker, khususnya kanker esophagus.

Kanker jenis ini merupakan penyakit kanker yang menyerang saluran yang menghubungkan perut dengan kerongkongan. Kebayang gak gimana kesiksanya kalau kanker menyerang bagian ini? Pasti susah makan, yang ada apapun makanan yang masuk justru membawa bakteri dan sel-sel kanker ikut masuk ke pencernaan. Bisa-bisa organ vital yang ada di dalam perut malah ikutan terkena kanker.

Menurut para pakar yang melakukan penelitian ini, sepanjang penelitian pihaknya memeriksa bakteri oral yang ada di mulut. Hasilnya ditemukan fakta jika bakteri tersebut memiliki dua spesies bakteri yang berkaitan dengan bakteri penyebab kanker esophagus. Dari situlah mereka menyimpulkan kalau bakteri yang menyebabkan gusi sakit berisiko tinggi memicu penyakit kanker, apabila tidak segera diatasi.

“Kanker esofagus termasuk dalam golongan jenis kanker yang sangat fatal. Ada 2 jenis kanker esofagus yaitu kerongkongan adenokarsinoma esofagus (EAC) dan karsinoma sel skuamosa esofagus (ESCC). Para peneliti menemukan bahwa bakteri Tannerella forsythia dikaitkan dengan 21 persen peningkatan risiko EAC. Sementara bakteri Porphyromonas gingivalis dikaitkan dengan risiko ESCC yang lebih tinggi” jelas pakar yang melakukan penelitian ini.

Tidak hanya itu, sebagai peringatan kepada kita semua para pakar penelitian juga mengatakan kalau selain bakteri penyebab sakit gusi, penyakit kanker jenis kanker esophagus juga bisa disebabkan oleh dua faktor lain. Yang pertama adalah kebiasaan merokok, merokok dapat merusak bagian esophagus karena paparan bahan kimia yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Sedangkan faktor kedua adalah asam lambung yang naik turun. Jika dua faktor ini terjadi bersamaan maka risiko kanker esophagus pun meningkat. Apalagi kalau dibarengi dengan bakteri penyebab gusi sakit.

Karena itu waspada ya! selalu jaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY