Setiap gangguan kesehatan yang kita alami penting untuk tidak disepelekan meski gangguan tersebut mungkin hanyalah gangguan yang umum atau yang emang sering kita alami. Pasalnya itu bisa saja menjadi tanda penyakit serius.

Salah satu gangguan yang mungkin kebanyakan orang menilainya sebagai hal biasa adalah gangguan perut. Normalnya memang perut dan sistem pencernaan bakal langsung bereaksi jika ada makanan atau minuman yang kita konsumsi secara berlebihan. Seperti jika kebanyakan makan pedas perut bakal mual, begitu juga jika kebanyakan minum kopi perut bisa jadi kembung.

Gangguan-Perut-yang-Bisa-Jadi-Tanda-Penyakit-Serius-oleh-SegiEmpatSaat perut mengalami gangguan paling sering yang disalahkan itu adalah makan atau minuman yang dikonsumsi. Padalah gangguan perut yang kita alami tidak selalu disebabkan oleh makanan atau minuman, tapi bisa saja karena ada gangguan serius yang terjadi di perut.

Nah, untuk itu penting agar Anda memperhatikan gejala yang Anda alami saat sakit perut. Apalagi kalau nyatanya makanan atau minuman yang Anda konsumsi itu masih dalam batas normal, karena itu bisa jadi tanda adanya penyakit serius. Apa saja gangguan perut yang bisa jadi tanda penyakit serius? Berikut ulasannya.

Sembelit

Umumnya sembelit terjadi karena pola makan yang tidak tepat, yaitu karena kekurangan asupan makanan berserat. Itu yang udah umum kita tahu, tapi penting agar Anda tidak menyepelekan sembelit karena sembelit juga bisa menandakan adanya gangguan serius di perut Anda. Sembelit yang Anda alami tidak hanya dapat terjadi karena kekurangan serat tapi bisa juga karena gangguan tirodi, adanya luka di usus besar atau karena efek samping obat yang mana tentu tidak dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi makanan berserat.

Perut Kembung

Masuk angin, kebanyakan minum kopi sampai efek makanan merupakan salah satu penyebab paling sering yang membuat perut jadi kembung. Hanya saja sebaiknya Anda tidak mengacuhkannya begitu saja, apalagi jika perut yang kembung terasa sangat tidak nyaman yang sampai membuat Anda tidak bisa beraktivitas. Jika Anda mengalami gejala seperti itu segera periksakan diri ke dokter karena perut kembung yang sampai membuat Anda tidak bisa beraktivitas bisa terjadi karena adanya penyakit usus yang serius.

Nyeri Perut

Nyeri perut yang sangat tidak nyaman dan terjadi di sekitar area pusar bisa jadi tanda kalau Anda mengalami radang usus buntu. Tidak Cuma itu nyeri perut seperti itu yang rasa nyerinya sampai terasa ke perut bagian atas bahkan sampai ke punggung juga bisa jadi tanda adanya gangguan pada kantong empedu.

Diare

Diare memang paling sering terjadi karena efek mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Tapi jika Anda tak makan makanan pedas lantas Anda tiba-tiba diare itu bisa menandakan adanya infeksi di pencernaan Anda. Bisa karena infeksi virus ataupun infeksi bakteri. Apalagi jika membuat Anda sampai demam, muntah dan nyeri perut.

Nah, sudah tahu kan? jadi jangan disepelekan ya karena semua itu membutuhkan penanganan medis khusus bukan Cuma dengan istirahat cukup.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY