Disaat kita mencium aroma tak sedap spontan kita bakal mengerutkan dahi dan menutup hidung. Tentu siapa sih yang bisa nahan kalau aromanya sampe nampol di hidung, yang ibaratnya kalau tak ditutup hidung itu kayak abis kena bogem. Pernah ngalamin gak? paling sering sih kalau pagi hari, yang saking gak nyamannya kadang ada yang sampe pura-pura gila haha lebay.

Nah ternyata nih ya, menurut hasil penelitian yang dilansir dari boldsky kalau Anda menghirup aroma tak sedap khususnya dari tubuh Anda sendiri. Jangan keburu ngerasa jijik dulu, meski emang sih pasti gak nyaman banget kalau harus menghirup aroma tak sedap entah itu dari mulut sendiri, ketiak, kaki atau bahkan “mulut belakang”. Karena ternyata aroma yang keluar dari tubuh itu bisa merupakan tanda awal adanya penyakit yang mulai menyerang tubuh. Biar lebih jelasnya, berikut aroma tubuh yang jadi tanda penyakit.

Aroma Tak Sedap yang Berasal dari Mulut

Bau mulut menandakan jika kebersihan mulut kurang terjaga. Cuma itu yang sudah banyak kita tahu ya, tapi menurut pakar bau mulut itu juga bisa jadi tanda penyakit. Ya, kesehatan tubuh dapat dideteksi lewat bau mulut.

Disini bau mulut di golongkan menjadi dua, bau mulut di pagi hari dan bau mulut yang aromanya seperti buah. Anda tentu sudah tahu kan kalau normal mulut mengeluarkan aroma tak sedap di pagi hari. Karena semalaman mulut tak memproduksi air liur sehingga mulut pun mengering. Tapi jika aromanya tak kunjung hilang meski Anda sudah sikat gigi, hasil penelitian menunjukkan kalau Anda kemungkinan mengalami sleep apnea. Sedangkan jika mulut mengeluarkan aroma seperti buah itu tandanya Anda mengalami komplikasi diabetes.

Bau Kaki

Dalam keadaan normal, kaki mengeluarkan bau tak sedap jika kaki kekurangan sirkulasi udara. Ini bisa terjadi karena pemakaian kaos kaki dan sepatu dalam jangka waktu lama, atau bisa juga karena pemakaian kaos kaki yang sudah dipakai seminggu (biasanya sih yang sering gini itu cowok-cowok haha). Apapun itu menurut hasil penelitian, bau kaki itu terjadi karena adanya jamur yang menumpuk di kaki. Tapi jika aroma tak sedap itu dibarengi dengan lecet, kulit bersisik sampai kulit terkelupas di sekitar jari itu bisa jadi tanda kalau kaki Anda sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Urin Berbau Tak Sedap

Urin pun kadang mengeluarkan aroma yang tak sedap, kondisi seperti ini juga bisa dibilang normal. Hanya saja tak selamanya Anda bisa berleha-leha dengan aroma yang terpancar dari urin Anda. Karena jika aromanya seperti bahan kimia itu bisa jadi tanda jika Anda mengalami infeksi saluran kemih.

Aroma Kotoran Alias Feses

Kalau ada orang yang kotorannya tak berbau itu berarti dia bukan orang yang normal. Bisa aja dia gak makan makanan tapi makan sesajen.

Ya kotoran alias feses pasti mengeluarkan aroma tak sedap, wajar karena namanya juga kotoran. Cuma kalau baunya sangat menyengat yang sampai sekali hirup Anda mungkin bisa muntah-muntah itu menandakan ada yang tidak beres dengan pencernaan Anda yaitu intoleransi laktosa. Saat usus halus tidak dapat mencerna laktosa maka laktosa akan langsung mengarah ke usus besar. Di situlah bakteri akan melakukan pembusukan sehingga aroma yang keluar sangat busuk.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY