Yang namanya putus itu rasanya emang gak enak, semua pasangan yang pernah mengalaminya pasti tahu lah gimana. Bahkan setelah putus pun tak jarang masih banyak pasangan yang memendam perasaan yang sama satu sama lain. Tapi karena perbedaan hubungan mereka terpaksa berakhir, meski perbedaan itu ya bedanya di status. Ada yang sudah punya pacar pas putus atau ada yang lagi suka-sukaan sama seseorang, miris ya? tapi begitulah yang katanya cinta.

Alasan Setelah Putus Pengen Temenan Sama Mantan oleh SegiEmpatDiantara sekian banyak orang yang akhirnya mulai saling bersitegang yang bahkan saling buang muka waktu gak sengaja ketemu atau mungkin saling ngelempar hp sampai sepatu tapi gak bisa ngebuang perasaan, ada juga orang-orang yang sebenarnya pengen temenan sama mantan.

Normal sih kalau setelah putus kita tidak ingin merusak hubungan, kalau memang tidak bisa jadi pacar setidaknya kan masih bisa temenan. Jaman sekarang pasti banyak yang kayak gitu kan? Ngapain sih nambah-nambah musuh kalau bisa nambah temen, iya kan? Cuma apakah itu memang murni demi hubungan baik atau ada unsur perasaan? Terus apakah pertemanan itu bakal berjalan mulus seperti hubungan dengan sahabat sendiri? Pasti Anda pun bertanya-tanya kayak gitu kan? Nah, dari penelitian ternyata seperti ini alasan setelah putus pengen temenan sama mantan.

Dari hasil stuli ilmiah yang dilakukan lewat survey terhadap ratusan pria dan wanita yang diterbitkan dalam bentuk makalan oleh para peneliti dari University of Kansas mengatakan kalau ada 4 alasan kenapa setelah putus masih ada yang ingin berteman dengan mantannya.

Alasan yang pertama adalah alasan keamanan. Maksudnya seseorang ingin berteman supaya dia tidak harus mengkhawatirkan hal-hal yang sebelumnya ia dapatkan dari mantannya. Misalnya seperti dukungan emosional, keramahan atau bahkan semua fasilitas yang sudah ia dapatkan dari mantan.

Alasan yang kedua adalah persoalan praktis atau biar gak ribet. Alasan ini umumnya terjadi diantara mereka yang menjalin sebuah kerjasama seperti bisnis atau bagi pasangan yang sudah menikah dan punya anak. Biar gak saling tarik-tarik rambut dalam hal berbagi keuntungan atau hak asuh mereka tentu lebih memilih untuk berteman.

Alasan yang ketiga adalah tentang kesopanan. Alasan ini umumnya biar mereka yang sudah putus tidak harus menghadapi situasi yang tegang dar masalah yang bikin mereka putus. Atau bisa dibilang supaya gak ada lagi drama saling menyalahkan.

Dan alasan yang keempat adalah karena perasaan cinta yang belum hilang. Kalau ini sih jelas ya, masih memendam perasaaan tapi gengsi buat ngungkapinnya.

Lantas kira-kira yang bakal bertahan lama yang kayak gimana ya? Nah, dari hasil penelitian mereka yang menggunakan dua alasan pertama punya hubungan yang cenderung lebih bertahan. Sedangkan mereka yang berteman karena alasan kesopanan atau karena masih belum move on hubungan mereka cenderung berakhir negatif dan hubungan mereka cenderung tidak bertahan lama.

Kalau dipikir sih wajar ya karena yang namanya cinta itu kadang masih suka sensitif kalau ada yang dekat dengan mantan padahal sih udah putus. Hayoo ngaku deh siapa yang masih kayak gitu?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY