Pekerja kantoran itu paling bersahabat dengan yang dua hal, kalau gak sering jalan bareng ama stres ya ujung-ujungnya pasti sohiban banget dengan yang namanya obesitas. Ya, kadang ada juga sih yang bersahabat dengan yang namanya kredit, yang ngebuat masa gajian itu Cuma 5 hari aja. Selebihnya serasa akhir bulan haha.

Saya sendiri sih kadang suka heran juga ngeliatnya, karena kalau emang diperhatikan pekerja kantoran itu emang cenderung punya tubuh yang “langsung” bukannya langsing haha. Masalah kayak gini udah pasti dipicu karena pola makan yang gak tepat. Apalagi kadang karena kesibukan para pekerja kantoran itu emang sampe suka lupa makan, jadinya sekali makan bisa kayak kesurupan haha.

6-Faktor-yang-Bikin-Pekerja-Kantoran-Obesitas-oleh-SegiEmpatCuma sebenarnya kalau menurut para pakar, selain karena pola makan yang salah faktor yang bikin pekerja kantoran kegeumukan itu lumayan kompleks. Artinya masih ada faktor-faktor lain yang jadi penyebab obesitas, apa saja? Berikut 6 faktor yang bikin pekerja kantoran obesitas.

Pengaruh Emotional Eating

Yang namanya kerja itu udah pasti gak ada yang Cuma bisa santai-santai aja, pasti bikin stres dan bikin capek. Meski itu Cuma duduk seharian di depan komputer. Hal kayak gitu ternyata bisa bikin kita tanpa sadar “mencari pelarian” untuk mengatasi lelah dan stress, dan yang paling sering dijadikan pereda stres bagi pekerja kantoran adalah makanan. Ini karena faktanya makan memang merupakan cara paling gampang dan efektif untuyk sedikit melupakan stres.

Tidak Berkonsentrasi saat Makan

Sebagai pekerja tujuan utama tentu saja fokus dan konsentrasi dengan pekerja, itu sudah jelas kan? Cuma faktor ini pula yang ternyata bisa memicu obesitas pada pekerja kantoran. Pasalnya saat fokus dan konsentrasi tertuju pada pekerjaan, secara alami otak pun jadi kehilangan konsentrasi pada makanan. Hal ini bisa membuat kita jadi tak sadar sudah berapa banyak makanan yang dikonsumsi. Baru sadar waktu lagi ngaca pas celana dan baju udah pada gak muat aja.

Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja tak Cuma karena dikelilingi dengan pekerja yang kegemukan, tapi seharian berada di ruangan ber-AC itu bisa bikin nafsu makan jadi gak karuan. Hal kayak gini pasti bakal bikin kita gak bisa mengontrol makanan yang kita konsumsi.

Sering Duduk Terlalu Lama

Pekerja kantoran itu udah pasti dalam sehari Cuma bisa ninggalin meja kerja pas jam istirahat aja. selebihnya duduk depan komputer. Hal seperti ini juga jadi faktor yang bisa bikin pekerja kantoran kegemukan. Karena duduk seharian itu bisa bikin tubuh jadi menumpuk lemak di pinggang dan bagian (maaf) bokong.

Makanan Dijadikan Teman saat Bekerja

Ini juga nih yang sering banget kejadian, entah itu karena gak keburu waktu buat ke kantin atau karena ada teman yang nawarin pas lagi lapar-laparnya. Sudah pasti kebiasaan ini bakal bikin obesitas  meski itu Cuma sebiji ataupun dua biji gorengan sekalipun.

Keseringan Lembur

Lembut ternyata bisa mengganggu jam tubuh, yang mana juga bakal mengacaukan metabolisme tubuh. Jadinya tubuh pun kehilangan kemampuan untuk mencerna makanan dengan maksimal, ujung-ujungnya pasti obesitas.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY