Apa sih momen yang paling menyenangkan bersama hewan peliharaan? Buat yang gak punya biasanya sih memang gak ngaruh ya, tapi kalau yang pecinta binatang pasti hal itu gak jauh dari momen bermain.

Udah pastilah ngeliatin lucunya sampai konyolnya tingkah mereka itu bikin gemes kan? Cuma hal yang mesti disadari selain bermain mereka juga wajib diperhatikan kesehatannya. Karena saat binatang peliharaan sakit mereka bukan hanya mengalami banyak perubahan semangat, yang tadinya senang bermain tiba-tiba jadi malas tapi penyakit yang mereka alami juga bisa menular dan menjangkiti pemiliknya.

Menurut seorang dokter hewan seperti yang dilansir dari salah satu media kesehatan, setidaknya ada 3 penyakit binatang peliharaan yang bisa menular pada pemiliknya. Nah, apa saja? berikut ulasannya.

Penyakit Rabies

Penyakit yang satu ini sebenarnya sudah banyak ditahu, namun nyatanya masih banyak yang belum sadar akan bahayanya. Rabies merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi yang membuat bintang peliharaan jadi agresif. Jangan salah, penyakit ini nyatanya juga bisa menular pada pemiliknya lho.

Penularannya sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, tapi yang paling sering itu karena binatang peliharaan kita terinfeksi dari air liur binatang lain yang terkena rabies. Namun bisa juga melalui hewan liar seperti kelelawar.

Agar penyakit menular ini tidak menjangkit pada bintang peliharaan dan kita sendiri, sangat dianjurkan agar binatang peliharaan mendapatkan vaksin secara rutin. Selain itu kita juga disarankan agar selalu mencuci tangan dengan sabun anti bakteri setiap sehabis bermain dengan hewan peliharaan.

Kurap

Penyakit yang satu ini memang kita kenal sebagai salah satu gangguan kulit yang sering dialami oleh manusia. Tapi jangan lupa karena ini termasuk penyakit kulit berarti semua binatang yang memiliki kulit pun bisa terjangkit. Bahkan faktanya penyakit kurap ini juga bisa menular pada kita.

Penularannya sendiri dapat terjadi melalui berbagai media, entah itu sentuhan langsung, selimut atau handuk yang sering dipakai binatang peliharaan sampai tempat duduk yang sering dipakai. Dan menurut penelitian, penyakit ini paling sering terjadi pada kucing atau anjing yang usianya masih muda.

Agar dapat terhindar dari kurap, disarankan agar binatang peliharaan dapat dimandikan 2 sampai 3 kali dalam sebulan. Selalu membersihkan segala “perlengkapan” binatang peliharaan dan cuci karpet atau seprai setiap seminggu sekali.

Toksoplasmosis

Pernah dengar dengan anjuran yang bilang “jauhkan bayi dari kucing”, pernah bukan? hal itu tentu punya alasan kuat, ya salah satunya agar bayi kita tidak terjangkit dengan toksoplasmosis.

Toksoplasmosis sendiri merupakan penyakit akibat infeksi parasit yang dapat menyebabkan flu, yang mana infeksi ini merupakan penyakit yang ditularkan oleh kucing. Faktanya kucing sering kali terinfeksi dengan parasit yang bernama tokso ini hal itu karena kucing sering memakan makanan mentah. Namun penularannya sendiri bukanlah dari bulu melainkan dari kotoran kucing, yang dapat menjangkit saat terkena kontak langsung dengan kulit.

Agar tidak terjadi, disarankan agar tempat kotoran kucing diletakkan di luar rumah dan rutin dibersihkan dnegan pasir khusus. Jangan lupa saat membersihkannya, gunakan masker penutup hidung dan mulut serta sarung tangan. Dan satu lagi pastikan kucing rutin diberikan vaksin.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY