Ada dua hal penting yang tidak boleh Anda lupakan saat akan latihan, yaitu melakukan pemanasan dan peregangan sebelum olahraga. Pemanasan dan peregangan diperlukan untuk mempersiapkan diri dan juga meningkatkan kekuatan tubuh saat akan latihan. Selain itu, kedua kegiatan tersebut juga harus dilakukan untuk mencegah resiko terjadinya cedera.

Banyak orang yang menyangka bahwa pemanasan dan peregangan adalah dua hal yang sama. Padahal sebenarnya kedua kegiatan tersebut adalah hal yang berbeda.

Berikut ini adalah pemaparan perbedaan pemanasan dan peregangan

  • Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

pemanasan sebelum olahraga oleh Kesehatan SegiEmpatSebelum melakukan latihan, maka terlebih dahulu Anda harus melakukan pemanasan. Hal ini menjadi lebih penting jika ternyata Anda mengalami cedera, memiliki penyakit orthopedic ataupun ketika usia Anda sudah tidak lagi mudah.

Adapun cara mudah melakukan pemanasan adalah dengan melakukan latihan kardio ringan seperti jumping jack atau lari di tempat selama 1 hingga 5 menit. Dan ketika tubuh Anda sudah mulai hangat, berarti Anda sudah bisa melakukan latihan utama.

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemanasan karena otot dan tendon memiliki sifat viscoelasity, yang artinya akan memberi reaksi berbeda ketika suhu tubuh juga berbeda. Jika suhu tubuh dingin, maka otot dan tendon akan tegang dan kaku. Namun jika suhu tubuh hangat, maka otot dan tendong akan elastis. Dengan begini, maka Anda bisa terhindar dari cedera dan kram otot.

  • Melakukan Peregangan Sebelum Olahraga

peregangan sebelum olahraga oleh Unik SegiEmpatSedangkan peregangan adalah gerakan yang dilakukan untuk bisa mengulur dengan lembut dan juga memperpanjang otot dan tendon. Peregangan sebaiknya dilakukan setelah Anda telah melakukan pemanasan yang cukup.

Gerakan peregangan haruslah melibatkan semua kelompok otot utama dalam tubuh. Adapun kelompok otot utama dari tubuh punggung bagian bawah, bahu bagian depan, betis dan otot lutut. Dan jika Anda mengalami otot tertarik atau kram otot, maka bisa saja salah satu dari keempat otot tersebut mengalami ketegangan.

Selain peregangan sebelum olahraga, Anda juga bisa melakukan peregangan saat tidak sedang berolahraga, yaitu ketika Anda terlalu lama berdiri atau terlalu lama duduk.

Sebelum Anda melakukan olahraga, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemanasan dan peregangan, terlebih lagi jika latihan yang akan Anda lakukan memiliki gerakan mendadak seperti melontar, mengangkat atau melempar.

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY