mengantuk setelah latihan oleh Kesehatan SegiEmpatKetika seseorang mengantuk, berarti otaknya sedang kekurangan oksigen dan dia harus mencukupinya dengan cara beristirahat. Rasa kantuk ini biasanya muncul di malam hari ketika orang tersebut sudah kelelahan dan harus tidur. Tapi ada juga orang yang mengantuk setelah latihan. Padahal seharusnya tubuh menjadi segar bugar serta memiliki tambahan energi setelah latihan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan mengantuk setelah latihan:

  • Mengalami Overtraining

Ketika Anda mengalami overtraining saat latihan, Anda akan mengalami cedera otot, pertumbuhan otot terhambat dan juga rasa kantuk. Hal ini terjadi karena tubuh kelelahan dan kekurangan oksigen. Selain itu, bukan tidak mungkin kalau Anda mengalami mual, nyeri otot, kehilangan motivasi latihan atau bahkan depresi.

  • Kelaparan Saat Latihan

Penyebab berikutnya adalah kelaparan sat latihan. Hal ini kemudian membuat tubuh menggunakan glikogen dan karbohidrat sebagai sumber tenaga sehingga tenaga bisa cepat habis. Jika sudah begini, maka Andapun akan merasa lebih cepat lelah dan merasa mengantuk. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda makan maksimal 2 jam sebelum latihan. Adapun makanan yang harus Anda konsumsi adalah makanan yang tinggi protein dan mengandung karbohidrat kompleks seperti selai kacang dan snack gandum. Selain itu, rajinlah minum air putih selama latihan.

  • Masalah Kesehatan

Ada beberapa masalah kesehatan yang akan membuat Anda merasa lelah dan mengantuk setelah latihan seperti anemia, gula darah rendah, diabetes dan kelenjar tiroid yang tidak terlalu aktif. Ketika tubuh kekurangan zat besi dan kurang darah, maka sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh juga berkurang. Jika sudah begini, maka Andapun akan mudah merasa lelah.

Jika Anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pola latihan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan di pagi hari. Karena pada saat itu, kadar oksigen masih begitu banyak dan Andapun bisa mencegah rasa kantuk. Selain itu, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan mendapatkan istirahat yang cukup agar Anda tidak mudah mengantuk.

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY