Trik Mengolah Tahu yang Benar

mengolah tahu oleh Cara SegiEmpatSelain tempe, tahu juga merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disukai oleh orang-orang. Hal ini karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Selain itu, manfaatnya sebagai sumber protein nabati menjadikan bahan makanan ini disukai oleh banyak orang.

Namun Anda harus berhati-hati saat mengolah tahu. Karena tahu memiliki tekstur yang lunak dan lembut sehingga mudah hancur jika tidak diolah dengan benar. Tidak hanya itu, tahu yang tidak matang juga akan menimbulkan bau khas kedelai mentah.

Berikut ini adalah trik mengolah tahu dengan benar agar tidak hancur serta rasanya tetap lezat ketika dimasak:

  • Pemilihan Tahu

Jika Anda akan membeli tahu, pastikan kalau tahu tersebut memiliki tekstur yang begitu lembut dan mudah pecah. Hal ini menandakan kalau tahu tersebut tidak mengandung bahan kimia dan pengawet. Karena ketika tahu ang Anda beli kenyal dan tidak mudah pecah, berarti tahu tersebut mengandung bahan kimia serta pengawet sehingga bisa tahan lebih lama.

Hal lain yang harus Anda perhatikan jika akan membeli tahu segar adalah pastikan kalau tahu tersebut masih mengeluarkan bau khas kedelai yang kuat serta tidak masam. Karena tahu yang segar adalah tahu yang tidak masam. Jadi jangan pernah tertipu dengan tahu yang terlihat begitu sempurna tapi ternyata memiliki rasa yang tidak enak.

  • Pengolahan Tahu

Setelah Anda membeli tahu, sebaiknya Anda segera memasaknya pada hari itu. Karena jika tidak, maka tahu akan menjadi basi dan tidak bisa lagi dikonsumsi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memasak tahu seperti digoreng atau ditumis.

  • Penyimpanan Tahu

Jika ternyata Anda belum ingin memasak tahu, maka Anda bisa merebusnya. Setelah itu, rendamlah dalam air matang dan masukkan dalam lemari es. Dengan merendam tahu dalam lemari es, maka prose fermentasi akan terhambat serta mencegah agar tahu tidak berasa asam.

  • Masa Penyimpanan Tahu

Jika Anda ingin menyimpan tahu di dalam lemari es, sebaiknya Anda hanya menyimpanya selama dua hari. Karena jika lewat dari situ, maka rasa tahu akan berubah. Namun jika ternyata masih ada tahu yang tersisa setelah dua hari, maka sebaiknay Anda tidak menggorengnya. Ada baiknya jika Anda menggunakan cara pengolahan lain seperti menjadikannya sayur santan, tumis atau pepes.

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan...