Tips Menyimpan Tahu Agar Tidak Cepat Basi

menyimpan tahu agar tidak cepat basi oleh Cara SegiEmpatTahu merupakan salah satu bahan makanan hasil olahan kacang kedelai yang disukai oleh banyak orang. Harganya yang murah namun kaya akan protein membuat bahan makanan ini disukai oleh banyak orang. Namun jika dibiarkan terlalu lama, maka tahu akan memiliki bau asam dan cepat basi sehingga tidak bisa lagi dikonsumsi. Oleh karena itu, tips menyimpan tahu agar tidak cepat basi ini akan menjadi tips yang berguna bagi Anda, terutama bagi Anda yang memang hobi memasak.

Dengan begini, tahu yang telah Anda beli bisa bertahan lama sehingga bisa Anda olah dan konsumsi kapanpun Anda inginkan. Berikut ini adalah tips menyimpan tahu agar tidak cepat basi:

  • Pindahkan Wadah Tahu

Jika tahu yang Anda beli tidak akan langsung Anda masak, sebaiknya Anda memindahkannya pada wadah lain seperti baskom kecil atau kaca. Pastikan juga kalau wadah tersebut cukup dalam.

  • Membuang Air Tahu

Saat Anda membeli tahu, biasanya akan ada airnya yang ikut. Air itu biasanya sudah kotor dan keruh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuangnya karena air itu akan membuat tahu berasa asam dan mengeluarkan bau.

  • Mengganti dengan Air Bersih

Setelah air yang ikut dengan tahu tadi Anda buang, gantilah airnya dengan menggunakan air bersih. Namun pastikan kalau Anda melakukannya dengan perlahan agar tahu tidak hancur. Penggantian air ini bertujuna untuk mencegah agar tahu tidak memiliki rasa asam serta mengeluarkan rasa asam. Selain itu, cara ini juga bertujuan untuk menghilangkan bau dan rasa asam pada tahu. Pastikan agar air tersebut merendam tahu secara keseluruhan. Karena jika tahu tersebut tidak terendam secara keseluruhan, maka tahu berpotensi untuk berjamur dan berbau tidak sedap.

  • Menyimpan Tahu di Tempat Terbuka atau di Kulkas

Setelah tahu dipindahkan wadahnya, simpanlah tahu pada tempat yang terbuka dan sebaiknya wadahnya tidak ditutup dengan rapat. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan fermentasi yang terdapat pada tahu sehingga tahu bisa lebih awet. Namun akan lebih baik lagi jika Anda meletakkan dalam kulkas dan menutup rapat wadahnya.Dengan begini, maka Anda bisa menghindari jamur yang tumbuh pada tahu. Jika tahu sudah ingin digunakan, Anda bisa langsung mengambilnya dari air rendamannya.

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...