Tips Agar Daging Empuk Saat Dimasak

Agar Daging Empuk Saat Dimasak oleh Cara SegiEmpatDaging adalah bahan makanan yang disukai oleh banyak orang. Namun pengolahan daging sering mengalami masalah, salah satunya adalah daging alot alias keras saat dimasak atau bahkan setelah dimasak. Hal ini tentu akan menyulitkan orang-orang yang akan mengkonsumsinya. Selain sulit untuk dikunyah, daging alot juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Oleh karena itu, tips agar daging empuk saat dimasak ini akan membantu Anda.

Beberapa jenis daging seperti daging sapi, daging kambing dan terutama daging kerbau memang memiliki tekstur yang keras yang liat dan keras. Oleh karena itu, daging-daging seperti ini harus diolah dengan baik agar bisa empuk serta mudah untuk digigit dan dicerna.

Adapun cara yang paling sering dilakukan untuk membuat daging menjadi lebih empuk adalah dengan merebusnya lebih lama. Meskipun efektif, namun hal ini tentu akan membuat Anda harus menunggu lebih lama.

Berikut ini adalah tips agar daging empuk saat dimasak:

  • Saat Dicuci

Saat daging dicuci, sebaiknya Anda tidak merendamnya terlalu lama di dalam air. Terlalu lama merendam daging dalam air hanya akan membuatnya berwarna pucat serta terasa hambar. Selain itu, merendam daging terlalu lama justru akan membuat daging menjadi keras.

  • Saat Dipotong

Jika Anda akan memotong daging yang akan dimasak, sebaiknya Anda tidak memotongnya mengikuti arah serat. Untuk memudahkan pengolahannya, sebaiknya Anda memotongnya berlawanan dengan arah serat dan ruasnya. Cara ini akan mempermudah Anda untuk memotong serta mencegah agar serat tidak bersatu saat terkena air panas.

  • Sebelum Direbus

Sebelum merebus daging, sebaiknya Anda melumurkan parutan buah nanas pada permukaan daging. Kandungan dalam nanas akan membantu untuk membuat daging menjadi lebih empuk.

  • Saat Direbus

Jika Anda akan merebus daging, sebaiknya Anda memulainya dengan air dingin. Penggunaan air dingin akan mencegah pori-pori langsung menutup. Ketika pori-pori menutup, maka daging akan menjadi keras karena bagian dalam daging tidak bisa menembus keluar. Menggunakan air dingin akan memberikan kesempatan bagi air untuk masuk perlahan dan membuat daging lebih empuk. Daging direbus selama 30 menit.

  • Setelah Direbus

Setelah direbus dan matang, angkatlah daging dari air rebusan. Setelah itu, daging siap diolah menjadi makanan.

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...