Tips Mengolah Kepiting yang Benar

mengolah kepiting oleh Cara SegiEmpatMeskipun kepiting sulit untuk dimakan, tapi citarasanya yang nikmat membuat orang-orang ketagihan untuk mengkonsumsinya. Hal itulah yang membuat pecinta seafood rela menghabiskan uangnya di restoran hanya karena ingin menikmati kelezatan rasa kepiting. Padahal dengan mengetahui cara mengolah kepiting, Anda bisa mendapatkan citarasa yang tidak kalah enaknya dengan yang di restoran. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pastikan kalau Anda membeli kepiting yang masih sehat dan segar. Anda bisa mendapatkan ini dari nelayan yang baru saja pulang dari berburu. Tapi kalau Anda tidak sempat, Anda bisa membelinya di pasar. Tapi kalau Anda harus memastikan kalau kepiting tersebut benar-benar masih segar.

Berikut ini adalah cara memeriksa kesegaran kepiting:

  • Sebaiknya Anda membeli kepiting yang masih hidup serta lincah. Untuk mengetahui ini, Anda bisa melepaskan ikatannya sehingga Anda bisa tahu kalau kepiting tersebut masih hidup.
  • Sebaiknya Anda memilih kepiting yang sudah tua. Karena kepiting yang sudah tua memiliki banyak daging. Berbeda dengan kepiting yang masih muda, selain dagingnya sedikit, Anda juga akan kesulitan mengeluarkannya dari cangkang.
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan merasakan berat kepiting. Anda bisa merasakannya dengan mengangkatnya. Kepiting yang terasa berat dan memiliki gerakan mata keluar masuk yang aktif adalah kepiting yang baik.

Setelah membeli kepiting yang segar, maka Anda sudah bisa mengolah kepiting dengan cara berikut ini:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menusukkan pisau di dalam tubuh kepiting. Tusuklah dari tengah tubuh hingga ke pantatnya.
  • Cucila kepiting dengan air kran atau air mengalir dan jangan direndam. Agar lebih bersih, sikatlah semua bagian tubuhnya dengan menggunakan sikat gigi. Dengan begini, semua tanah liat yang menempel akan hilang bersama air.
  • Buanglah ujung pantat kepiting karena daerah tersebut adalah tempat keluar kotoran sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.
  • Setelah itu, belah kepiting menjadi dua. Lalu bersihkan perutnya dari cairan yang berwarna hijau. Setelah itu, cuci kembali.
  • Pukullah cangkang kepiting hingga retak, terlebih lagi pada bagian capit dan kaki, agar bumbu bisa meresap ke dalam daging saat dimasak.
  • Pastikan kalau Anda merebus kepiting dengan tambahan kayu arang sebelum memasaknya. Kayu arang ini berguna untuk menghilangkan racun. Sebaiknya Anda merebusnya tidak lebih dari 20 menit untuk mencegah daging mengeras.
Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan...