Tips Mencuci Wajan Anti Lengket dengan Benar

mencuci wajan anti lengket oleh Cara SegiEmpatBagi para Ibu yang suka memasak, panci dan wajan anti lengket alias teflon adalah teman mereka sehari-hari di dapur. Sifatnya yang tidak membuat bahan makanan tidak lengket saat digoreng atau dipanggang membuat alat masak yang satu ini begitu disukai oleh para Ibu rumah tangga ataupun orang-orang yang suka memasak. Namun dalam mencuci wajan anti lengket, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Karena ketika Anda tidak membersihkan atau merawatnya dengan benar, maka lapisan anti lengketnya bisa tergores, rusak atau bahkan hilang. Hal ini tentu akan merusak kelebihan dan fungsinya sebagai wajan anti lengket.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mencuci wajan anti lengket:

  • Tidak Menggunakan Mesin Pencuci Piring

Penggunaan mesin pencuci piring atau dishwasher memang praktis dan bisa meringankan pekerjaan Anda. Namun sebaiknya Anda tidak menggunakan mesin ini untuk wajan teflon Anda, meskipun ada label ‘dishwasher save’ pada produk tersebut. Lapisan anti lengket pada wajan tersebut bisa rusak atau bahkan hilang karena deterjen dan suhu panas dari mesin.

  • Mencuci dengan Baking Soda

Jika Anda ingin mencucinya, sebaiknya Anda menggunakan baking soda. Adapun cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, oleskan pada permukaan wajan. Setelah dioleskan, gosoklah permukaan wajah dengan menggunakan sikat lembut tanpa logam atau spon. Saat membersihkan, jangan lupa membersihkan sisinya dari sisa makanan atau minyak yang masih ada pada wajan. Setelah semuanya bersih, bilaslah dengan air bersih lalu tiriskan.

  • Mengoleskan Minyak

Jika permukaan wajan sudah mulai mengalami masalah, Anda bisa memulihkannya dengan cara mengoleskan sedikit minyak goreng atau minyak sayur pada seluruh permukaan wajan. Setelah itu, bersihkan sisa minyak dengan menggunakan kain lembut, paper towel atau tisu hingga kering.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah sebaiknya Anda menggunakan sodet dari plastik atau kayu untuk menjaga permukaan wajan. Jika dipelihara dengan baik, maka panci atau wajan anti lengket bisa digunakan hingga 5 tahun. Selain itu jika permukaan wajah sudah mulai mengelupas, sebaiknya Anda tidak lagi menggunakannya dan menggantinya dengan wajan baru.

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...