Cara Mengetahui Daging yang Sudah Matang

cara mengetahui daging yang sudah matang oleh Cara SegiEmpatSalah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang adalah daging hasil panggangan. Namun bukan hal mudah memanggang daging. Karena banyak daging yang terlihat sudah matang di luar namun ternyata mentah di dalam. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara mengetahui daging yang sudah matang. Dengan begini, maka Anda bisa menghidangkan daging yang telah dipanggang dengan sempurna.

Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui daging yang sudah matang:

  • Dengan Cara Menekan Daging

Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kematangan daging adalah dengan menekannya. Namun metode ini hanya bisa digunakan untuk daging ayam. Jika Anda ingin mengetahui apakah daging ayam yang Anda panggang sudah matang atau belum, tekanlah dagin tersebut dan perhatikan cairan yang keluar dari dalamnya. Jika warna cairan masih merah atau merah muda, berarti daging tersebut belum matang. Namun jika warna cairan telah bening atau putih, berarti daging tersebut telah matang luar dan dalam. Selain hanya bisa digunakan untuk daging ayam, kekurangan lain dari cara ini adalah banyaknya cairan yang keluar saat ditekan akan membuat daging menjadi kurang lembab.

  • Melihat Ukuran Daging

Cara berikutnya adalah dengan melihat ukuran daging. Daging yang telah matang akan mengalami penyusutan ukuran. Hal ini karena kadar cairannya sudah mulai berkurang. Jadi jangan pernah tertipu dan tergoda saat melihat warna daging yang telah kecoklatan namun tidak mengalami penyusutan ukuran, karena hal tersebut berarti kalau daging tersebut belum matang. Tapi pastikan juga kalau ukuran daging tidak terlalu menyusut, karena hal itu berarti kalau daging terlalu matang.

  • Menggunakan Termometer

Jika Anda ingin mengetahui tingkat kematangan daging yang paling tepat, maka Anda bisa menggunakan termometer yang memang dibuat khusus untuk mengetahui suhu daging. Dengan menggunakan termometer ini, maka Anda tidak perlu lagi menebak suhu dan kematangan daging sehingga daging yang Anda panggang bisa matang dengan sempurna.

Penggunaan termometer inipun cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkannya pada bagian daging yang paling tebal dan bukan pada tulang. Karena tulang adalah penghantar panas sehingga tidak bisa memberikan informasi suhu secara akurat. Adapun rekomendasi suhu daging yang telah matang adalah daging ikan, domba dan babi 63 derajat Celcius, daging sapi 71 derajat Celcius dan daging ayam, kalkun dan bebek 74 derajat Celcius.

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...