tidak gampang haus saat puasa oleh Kesehatan SegiEmpatBanyak yang bilang kalau rasa haus lebih susah ditahan daripada rasa lapar saat kita sedang puasa. Tidak menutup kemungkinkan kalau kamu juga mengalami hal itu. Padahal kehausan bisa membuat kamu menjadi tidak bersemangat dan lemas serta sakit kepala atau pusing saat berpuasa. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi kamu yang harus selalu melakukan aktivitas di bulan suci Ramadhan.

Nah, daripada puasa kamu terganggu, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini supaya kamu tidak gampang haus saat puasa:

  • Kurangi Garam

Saat sedang sahur dan buka puasa, sebaiknya kamu mengurangi makanan yang mengandung garam. Kenapa?karena garam akan membuat kebutuhan cairan tubuh kamu meningkat.

  • Menghindari Makanan Pedas

Bagi kamu pecinta makanan pedas, sebaiknya kamu mengurangi atau bahkan menghentikan hobi kamu yang satu ini. Jika kamu memang ingin puasa kamu berjalan dengan lancar, sebaiknya kamu menghindari makanan pedas saat sahur dan buka puasa. Hal ini karena makanan tersebut bisa membuat kamu selalu merasa haus.

  • Mencukupi Kebutuhan Cairan

Puasa tidak berarti bahwa kamu tidak lagi harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu. Usahakan untuk tetap minum delapan gelas air minum dalam sehari, yaitu saat sahur, buka puasa, setelah Shalat Magrib dan setelah Shalat Tarawih. Kalau kamu harus melakukan aktivitas di luar ruangan yang akan mengeluarkan lebih banyak keringat, sebaiknya kamu lebih banyak minum air putih.

  • Menjadwalkan Waktu Minum

Agar Anda bisa mengukur jumlah air yang telah kamu minum dalam sehari, sebaiknya kamu menjadwalkan waktu minum air putih kamu saat sahur dan berbuka.

  • Minum Secara Bertahap

Saat minum, sebaiknya kamu minum air putih secara bertahap. Jangan minum beberapa gelas air secara sekaligus secara bersamaan karena air tidak akan terserap secara optimal.

  • Jus dari Buah Asli

Mungkin saja kamu mau minum jus buah agar lebih sehat dan juga tetap segar. Jika kamu ingin seperti ini, sebaiknya yang kamu minum adalah jus buah yang terbuat dari buah asli, bukannya jus buah atau minuman dalam kemasan. Hal ini karena kedua minuman tersebut mengandung pemanis yang akan membuat kamu merasa lebih haus.

  • Makan Buah Segar

Kalau kamu tidak mau repot membuat jus, kamu bisa makan buah langsung. Pilihlah buah yang mengandung banyak cairan dan serat. Dengan makan buah seperti ini, maka kamu tidak akan gampang haus dan juga merasa kenyang lebih lama.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY