menjaga kebugaran tubuh saat puasa oleh Kesehatan SegiEmpatMenjaga kebugaran tubuh saat puasa adalah hal penting yang harus diperhatikan selama menjalani puasa di bulan Ramadhan. Karena tubuh yang sehat dan bugar akan membuat kamu bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa:

  • Mencukupi Kebutuhan Air Putih dan Mengurangi Gula dan Garam

Yang sering dianjurkan adalah kita harus mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari, tapi jumlah ini bisa kurang atau lebih, tergantung kebutuhan kamu. Yang pasti, kamu mencukup kebutuhan air putih. Selain itu, sebaiknya kamu juga mengurangi konsumsi gula dan garam agar kamu tidak mudah haus dan terhindari dari napas tidak sedap penyebab bau mulut. Oleh karena itu, kurangilah makanan yang mengandung gula atau garam.

  • Pelan-Pelan Saat Makan

Saat sahur mungkin kamu akan santai saat makan, tapi banyak orang yang kalap saat buka puasa karena merasa kelaparan. Hal ini mungkin akan membuat kamu kenyang tapi berdampak buruk pada kesehatan. Makan terlalu cepat bisa membuat pencernaan “kaget” dan tidak siap sehingga proses pencernaan bisa berjalan dengan tidak optimal. Oleh karena itu, akan lebih baik kalau kamu makan dengan perlahan agar proses pencernaan bisa berjalan dengan optimal dan kamupun bisa tetap menjalani setelah buka puasa.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh dan Mulut

Untuk tetap bugar saat berpuasa, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi. Karena dengan mandi, kotoran yang melengket dalam tubuh akan hilang sehingga kamu akan selalu merasa segar saat beraktivitas. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan menggunakan pembersih lidah agar kesehatan pencernaan kamu juga terjaga.

  • Makan Makanan yang Bisa Buat Kenyang Lebih Lama

Satu hal yang dikeluhkan oleh orang-orang yang berpuasa adalah lapar. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama saat sahur. Beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah makanan yang mengandung serat, bulir utuh dan biji-bijian. Makanan ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga akan membuat kamu kenyang lebih lama.

  • Melakukan Kegiatan Menyenangkan

Berpuasa bukan alasan untuk tidak beraktivitas. Justru banyak kegiatan menyenangkan dan bermanfaat yang bisa dilakukan saat berpuasa. Cobalah untuk berkumpul dan berdiskusi bersama keluarga atau teman dan buatlah rencana kegiatan bermanfaat selama bulan puasa seperti membagikan takjil, buka puasa bareng anak yatim piatu dan sebagai. Melakukan kegiatan seperti ini akan membuat kamu lebih bahagia dan lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah di bulan suci ini.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY