mengatasi marah saat puasa oleh Kesehatan SegiEmpatSelain menahan rasa lapar dan haus, kita juga diwajibkan untuk menahan marah saat berpuasa. Namun karena pekerjaan yang bertumpuk yang disertai dengan rasa lapar dan haus membuat banyak orang yang sulit mengontrol emosinya saat sedang berpuasa. Meskipun marah tidak membatalkan puasa, namun rasa marah serta emosi yang meluap bisa mengurangi pahala puasa. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips mengatasi rasa marah saat berpuasa. Dengan begini, maka ibadah puasa kamu bisa dilaksanakan dengan tenang serta pahala yang kamu dapatkan tidak berkurang.

Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi rasa marah saat berpuasa:

  • Mengatur Napas

Turunnya kadar gula dalam darah yang terjadi saat kita berpuasa membuat kita lebih sensitif dan lebih gampang marah. Tapi saat kamu ingin marah, sebaiknya kamu menarik napas dan menahannya selama beberapa detik. Hal ini akan membuat kamu lebih tenang sehingga tidak jadi marah.

  • Mengubah Posisi

Saat ada seseorang yang membuat kamu sebal dan kamu ingin marah karena itu, sebaiknya kamu langsung mengubah posisi. Jika kamu sedang berdiri, sebaiknya kamu langsung duduk atau berbaring dan kalau kamu sedang duduk, sebaiknya kamu langsung berdiri atau berbaring. Selain mengubah posisi, kamu juga bisa melakukan kegiatan yang bisa membuat emosi kamu mereda seperti dengar musik atau menggambar.

  • Melakukan Gerakan Ringan

Salah satu cara untuk membuat pikiran dan tubuh kamu menjadi lebih rileks dan tenang adalah dengan melakukan gerakan ringan untuk melancarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, saat kamu sedang emosi, sebaiknya lakukan beberapa gerakan olahraga ringan agar kamu menjadi lebih tenang.

  • Bicaralah pada Waktu yang Tepat

Jangan pernah bicara pada seseorang yang sedang sibuk dan punya segudang pekerjaan karena hal tersebut hanya akan membuat mereka semakin marah. Oleh karena itu kalau kamu mau menegur seseorang, sebaiknya kamu mencari waktu yang tepat.

  • Beribadah Tepat Waktu

Ada yang pernah bilang, puasa tanpa shalat bagaikan orang yang pakai baju tapi tidak pakai celana. Oleh karena itu, pastikan kalau kamu juga rajin shalat saat puasa. Pastikan juga kamu shalat tepat waktu. Shalat tepat waktu akan membuat perasaan kamu lebih tenang sehingga tidak gampang marah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY