Datangnya musim hujan terkadang membuat kita kelabakan. Sebab, turunnya hujan yang biasanya tiba-tiba tak luput membuat tubuh kita terguyur air hujan. Alhasil, kekebalan tubuh pun akan menurun. Nah, untuk mempertahankan kekebalan tubuh, maka perlu adanya asupan gizi yang tepat selama musim hujan berlangsung. Kira-kira makanan apa saja ya yang tepat dikonsumsi saat musim hujan tiba? Yuk, simak beberapa daftar makanan yang tepat dikonsumsi saat musim hujan berikut ini.

Foto Makanan yang Tepat Untuk Musim Hujan Oleh Unik SegiEmpat1. Apel

Salah satu makanan yang tepat dikonsumsi saat musim hujan adalah apel. Selain mudah didapatkan karena berbuah hampir sepanjang tahun, apel ternyata juga memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin A dsn C. Bukan hanya itu, apel juga dapat membantu menurunkan peluang terjangkit penyakit yang mematikan seperti kanker dan beberapa penyakit kardiovisular. Anda pun dapat mengonsumsinya secara langsung ataupun diolah menjadi minuman seduh sari apel.

2. Labu

Bukan hanya itu, labu ternyata juga masuk dalam salah satu makanan yang tepat dikonsumsi saat musim hujan. Sebab beberapa bagian buah ini mengandung manfaat yang sangat positif bagi tubuh. Sebut saja kulit dan dagingnya. Kedua bagian labu yang masih keras karena mentah memiliki kandungan vitamin A yang begitu tinggi. Dan apabila direbus dan diolah menjadi sup, maka Anda dapat memperoleh manfaatnya yang begitu besar. Bukan hanya itu, apabila olahan sup labu atau kukusan labu juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mata dalam bekerja, menurunkan kolesterol, hingga membantu menurunkan berat badan. Nah selain bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, cocok juga bukan untuk makanan diet?

3. Kubis

Tahu kah Anda? Kubis merupakan salah satu makanan yang tepat dikonsumsi saat musim hujan. Sebab, kubis memiliki kandungan zat besi dan serat. Bukan hanya itu, kubis juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mempertebal dan memperkuat sistem imun tubuh. Hebatnya lagi, sayuran yang baik dikonsumsi dalam kondisi mentah namun telah dibersihkan ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan eritrosit (sel-sel darah merah). Bukan hanya itu, kubis juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

4. Kembang Kol

Satu lagi makanan yang tepat dikonsumsi saat musim hujan. Makanan tersebut adalah kembang kol. Tahu kah Anda? Kembang kol memiliki kandungan vitamin C dan K yang dapat membantu memperbaiki sistem peredaran darah dalam tubuh serta menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Tak hanya itu saja, kembang kol juga memiliki kandungan asam folat dan mampu menangkal radikal bebas. Bagaimana? Banyak sekali kan makanan yang tepat dikonsumsi saat musim hujan tiba? Sebelum musim hujan datang, ada baiknya jika Anda menyiapkan beberapa makanan berikut di dalam rumah dan mulai mengonsumsinya sejak sekarang.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY