kebiasaan makan buruk saat puasa oleh Kesehatan SegiEmpatBulan Ramadhan adalah saat yang paling tepat bagi Mpu dan juga para cucu untuk membuat ibadah semakin berkualitas. Puasa juga bisa membuat pencernaan Mpu dan cucu semakin sehat. Tapi ternyata, banyak diantara cucu yang punya kebiasaan makan buruk saat puasa. Kebiasaan ini bukannya bikin cucu jadi tambah sehat, yang ada cucu malah jadi tidak nyaman.

Nah, biar cucu gak ngulang lagi, ini dia kebiasaan makan saat puasa yang sebaiknya cucu hindari:

  • Tidak Sahur

Mungkin saja cucu lagi capek, gak mau masak atau lagi malas bangun subuh untuk makan sahur. Layaknya mobil atau motor, sahur adalah waktunya bagi cucu untuk isi bensin alias tenaga biar bisa tetap semangat saat puasa. Cucu gak mau kan puasanya lemas karena tidak sahur?

  • Langsung Makan Banyak Ketika Buka Puasa

Ini lagi kebiasaan buruk yang sering terjadi. Karena lapar saat puasa, cucu jadi masak atau beli banyak makanan untuk buka. Nah, pas bedug magrib, cucupun melahap semua itu. Padahal hal ini bisa membuat pencernaan bekerja berat dan lambat.

  • Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Berbuka dengan yang manis memang disarankan, tapi jangan sampai berlebihan. Karena kelaparan dan liat kolak pisang yang enak, cucu jadi bersemangat buat nambah. Mungkin saja cucu akan merasa begitu bersemangat pada awalnya, tapi lama kelamaan cucu akan merasa lemas. Hal ini karena kadar gula darah cucu yang naik dengan tiba-tiba.

  • Tidak Banyak Minum

Karena makan banyak, perut cucu jadi kenyang banget. Kalau sudah begini, cucu udah tidak bisa lagi minum air. Padahal air putih itu penting banget lo cu, biar cucu bisa tetap segar untuk Shalat Magrib dan Tarawih.

  • Banyak Makan Kalori dan Lemak

Karena udah kelaparan banget dan seharian udah nungguin waktu bedug, cucu jadinya mau makan enak saat buka. Makanan enak yang dimaksud disini adalah makanan yang tinggi kalori dan lemak. Makanan ini mungkin sehat, tapi juga bisa bikin pencernaan “kaget”.

  • Makan Buah dan Sayur dalam Jumlah Sedikit

Karena mau makan enak, akhirnya cucu tidak makan sayur dan buah dalam jumlah yang banyak. Padahal pencernaan kita membutuhkan lebih banyak serat agar bisa bekerja lebih baik. Karena kurang serat inilah yang buat cucu alami sembelit saat puasa.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY