penyebab dan gejala gagal ginjal oleh Kesehatan SegiEmpatGinjal adalah salah satu organ yang penting dalam tubuh. Ginjal bertugas untuk menyaring darah, mengeluarkan zat sisa, mengatur tekanan darah, menyembangkan elektrolit dalam tubuh serta merangsang produksi sel darah merah.

Setiap manusia memiliki dua buah ginjal, yaitu satu pada setiap sisi tulang belakang. Darah akan mengalir dari aorta melalui pembuluh arteri renal. Setelah bersih, darah akan dialirkan menuju ke jantung menuju vena renal. Ginjal akan menyaring hasil sisa metabolisme tubuh seperti protein, mengatur jumlah cairan dalam tubuh, keseimbangan asam-basa dalam tubuh serta konsentrasi elektrolit seperti potassium dan sodium.

Seseorang akan mengalami gagal ginjal ketika ginjalnya mengalami penurunan fungsi sehingga tidak mampu lagi menjaga keseimbangan zat kimia yang terdapat dalam darah, yaitu kalium dan sodium, menyaring elektrolit tubuh dan juga menjaga keseimbangan produksi urine dalam tubuh.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penyakit gagal ginjal adalah kanker, tekanan darah tinggi atau hipertensi, masalah dengan sistem imunitas tubuh atau kelainan autoimun, diabetes mellitus, penyumbatan pada saluran kemih, rusaknya sel penyaring ginjal serta kelainan pada ginjal.

Adapun tanda-tanda dari seorang pengidap penyakit ginjal adalah tidak bertenaga ; lemas ; mual dan muntah ; mengalami pembengkakan ; merasa gatal ; wajah pucat ; jumlah air seni berkurang ; mengalami sesak napas ; pada urin akan terdapat kelainan lekosit, protein dan eritrosit ; jika dilakukan pemeriksaan pada laboratorium, maka akan ditemukan bahwa Anda mengalami penurunan Hb dan kenaikan creatinine darah.

Pada dasarnya, pengobatan penyakit gagal ginjal akan dilakuakn berdasarkan dengan penyebabnya. Dan pengobatan dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya komplikasi, mengendalikan gejala dan juga menghambat perkembangan penakit. Jika memang pasien gagal ginjal terjadi karena kelebihan cairan, sodium, protein dan kalium, maka orang tersebut akan diminta untuk melakkan diet. Namun jika gagal ginjal terjadi sebagai dampak dari penyakit lain, seperti anemia, hipertensi dan anemia, maka dokter akan memberikan obat atau therapy untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Ingatlah bahwa penyakit ini bisa disembuhkan, yang penting Anda bisa cepat mendeteksinya sehingga tenaga medis akan memberikan tindakan dengan cepat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY