jangan tidur dekat ponsel oleh Kesehatan SegiEmpatPerkembangan teknologi dan gadget yang semakin ketat membuat banyak orang yang seperti menggantungkan hidupnya kepada smartphone. Smartphone atau gadget seakan menjadi napas dan tidak akan terpisahkan dari hidup kita. Sampai-sampai banyak orang yang terus memegang handphone hingga mereka tertidur dengan handphone di tangannya.

Kebiasaan yang terlihat sepele ini ternyata bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Kebiasaan menaruh handphone terlalu dekat dengan tubuh atau bahkan kepala bisa meningkatkan resiko berkembangnya sel tumor pada tubuh yang berada di dekatnya. Hal ini karena layar LED yang terdapat pada handphone, khususnya smartphone dapat mengeluarkan cahaya biru yang dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon ini adalah hormon yang akan membuat tubuh tidur lebih nyenyak. Dengan terganggunya produksi hormon ini, maka waktu tidur dan irama sirkadian tubuh akan terganggu.

Cahaya biru yang dikeluarkan dari LED yang terdapat pada layar smartphone tersebut memiliki geolmbang yang sama dengan cahaya yang dikeluarkan sinar matahari di siang hari. Hal ini kemudian akan membuat tubuh berpikir bahwa saat itu masih siang dan belum saatnya tubuh untuk tidur. Hal itulah yang kemudian waktu tidur menjadi kacau dan tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Selain masalah LED, handphone juga adalah salah satu karsinogenik, yaitu penyebab kanker. Hal ini karena handphoen akan mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang serupa dengan gelombang mikro dan sinar-X yang bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tumor.

Resiko yang lebih besar akan diterima oleh anak-anak yang memiliki tulang tengkorak dan kulit yang lebih tipis daripada orang dewasa. Oleh karena itu, jangan biasakan untuk menaruh handphone terlalu dekat dengan kamu, apalagi anak-anak. Mungkin kamu akan mengatakan bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang terdapat pada handphone kecil dan tidak akan memberikan efek apa-apa. Tapi bukankan kebiasaan tidur bersama handphone setiap hari akan memberikan efek yang lebih besar sehingga menyebabkan resiko untuk terkena radiasi juga semakin besar.

Oleh karena itu, mulai sekarang jauhkan handphone saat kamu akan tidur ataupun jika sudah tidak akan digunakan lagi. Dengan begitu, maka kamu akan mendapatkan tidur yang lebih baik dan terhindar dari resiko terkena kanker dan tumor.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY