terjadi sumbatan pada saluran uretra oleh Kesehatan SegiEmpatBagian paling penting saluran kemih atau saluran kencing seseorang adalah uretra. Uretra berfungsi untuk mengeluarkan urin dari dalam tubuh. Selain itu, uretra juga adalah bagian penting dalam proses pengeluaran semen pada seorang pria. Pada pria, uretranya mirip dengan pipa yang terdapat pada alat untuk menyiram bunga.

Salah satu masalah yang biasa terjadi pada saluran uretra adalah terjadinya penyumbatan saluran uretra atau striktur uretra. Striktur uretra adalah suatu keadaan dimana jaringan fibrotik terbentuk pada dinding uretra sehingga menyebabkan terjadinya penyempitan pada lumen uretra. Seseorang yang mengalami penyempitan pada saluran uretra akan mengalami masalah saat buang air kecil. Adapun masalah yang terjadi adalah aliran air seni yang mengecil atau bahkan tidak bisa keluar sama sekali. Jika air seni tidak bisa keluar dari tubuh, maka tubuh akan berpotensi untuk mengalami berbagai komplikasi, salah satunya adalah batu ginjal.

Masalah sumbatan pada saluran uretra ini berpotensi menyerang pria dan wanita, namun lebih sering menyerang pria.Salah satu hal yang menyebabkan sumbatan pada saluran air seni adalah terjadinya luka pada pada saluran air seni. Selain itu, masalah ini juga biasanya merupakan bawaan lahir, meskipun masalah ini jarang terjadi.

Pada pria, penyakit ini sering terjadi karena peradangan yang disebabkan oleh sunat pada alat kelamin bayi sehingga akan menyebabkan gangguan pada pertumbuhan jaringan di uretra. Gangguan kesehatan ini biasanya baru bisa dideteksi ketika anak dilatih buang air kecil tanpa bantuan orangtuanya.

Sedangkan pada wanita, masalah ini biasanya adalah bawaan lahir. Gangguan kesehatan ini akan menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemih sehingga membuat wanita tersebut tidak bisa menahan kencingnya, terutama saat tidur. Hal ini mungkin jarang terjadi, tapi juga biasa dijumpai pada wanita dewasa.

  • Gejala Sumbatan Saluran Uretra

Gejala sumbatan saluran uretra yang paling sering terjadi adalah aliran air seni yang tidak lancar, merasa tidak nyaman saat buang air kecil, terjadinya infeksi saluran kemih dan terjadi pendarahan saat buang air kecil.

  • Pengobatan Sumbatan Saluran Uretra

Jika terjadi pada anak laki-laki dan segera didiagnosis, biasanya dokter akan melakukan pembedahan kecil untuk memperbesar lubang pengeluaran. Demikian pula pada wanita, biasanya dokter akan memberikan bius lokal pada daerah yang akan dibedah. Setelah itu, akan digunakan instrumen khusus untuk memperlebar lubang yang sempit.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY