gejala dan pengobatan milk alkali syndrome oleh Kesehatan SegiEmpatSusu adalah salah satu bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam susu terkandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun segala sesuatu yang berlebihan juga tidaklah baik untuk tubuh, termasuk dalam mengkosumsi terlalu banyak susu. Hal tersebut dinamakan dengan Milk Alkali Syndrome.

Milk Alkali Syndrome adalah suatu keadaan dimana tubuh memiliki darah sudah terlalu banyak mengandung kalsium dan tingkat keasaman tubuh juga sudah terlalu basa. Hal ini kemudian membuat tubuh mengalami gangguan fungsi ginjal. Adapun penyebab dari Milk-Alkali Syndrome ini adalah konsumsi susu tinggi kalsium dan larut alkali yang berlebihan. Salah satu jenis susu tersebut adalah susu antasid, terutama susu yang mengandung baking soda (natrium karbonat) atau kalsium karbonat, yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ketika susu tersebut dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, maka orang tersebut akan mengalami kelebihan kalsium darah darahnya sehingga dia akan mengalami hiperkalsemia. Selain itu, tubunya juga akan menyerap alkali yang terdapat di dalam susu tersebut. Jika penyakit ini tidak segera dideteksi dan diobati, maka penderitanya akan mengalami gagal ginjal dan kalsifikasi metastatik. Penyakit ini akan semakin marah, jika penderitanya mendapatkan lebih banyak asupan vitamin D, baik itu dari sinar matahari, konsumsi suplemen ataupun dari vitamin D yang memang terdapat di dalam susu tersebut.

Setelah tubuh mulai mengalami kelebihan kalsium, maka tubuh juga akan segera mengalami hypercalcemia dan gagal ginjal. Jika sudah seperti itu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa penderitanya akan mengalami gagal ginjal. Kejadian ini biasanya hanya akan memerlukan waktu selama satu pekan. Namun, jika pasiennay segera mendapatkan diagnosa dan penyembuhan, maka hal ini masih bisa dicegah.

  • Gejala dari Milk Alkali Syndrome

Penyakit ini seringkali tidak menimbulkan gejala. Kalaupun ada, maka biasanya hal tersebut berhubungan dengan ginjal. Beberapa gejala yang mungkin akan terjadi adalah sakit punggung, sakit pinggang, membuang air kecil secara berlebihan serta berbagai masalah lain yang berhubungan dengan gagal ginjal.

  • Pengobatan Milk Alkali Syndrome

Untuk mengobati masalah ini, biasanya penderitanya akan diminta untuk mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi susu dan antasid. Namun jika terjadi gagal ginjal, maka penderitanya harus rutin melakukan cuci darah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY