gejala dan pengobatan kanker paratiroid oleh Kesehatan SegiEmpatKelenjar paratiroid adalah sebuah kelenjar endokrin yang terdapat pada leher, namun untuk beberapa kasus langka, biasanya akan ditemukan di dada. Fungsi dari kelenjar paratiroid ini adalah untuk memproduksi hormon paratiroid. Di dalam setiap tubuh manusia, terdapat empat kelenjar paratiroid. Keempat buah kelenjar paratiroid ini bersusun secara berpasangan dan melekat di bagian belakang kelenjar tiroid.Hormon tiroid, yang dihasilkan oleh kelenjar paratiroid, berfungsi untuk mengatur kadar fosfor dan kalsium di dalam tulang dan darah orang tersebut.

Jadi dengan kata lain, fungsi dari kelenjar paratiroid adalah untuk mengatur jumlah kalsium dalam tubuh seseorang agar tetap normal, tidak kurang dan tidak juga lebih. Keempat kelenjar paratiroid yang terdapat di dalam tubuh seseorang tersebut masing-masing terbagi menjadi dua pasangan, dimana masing-masaing pasangan terletak pada lobus kelenjar kelenjar tiroid. Jadi bisa dibilang bahwa kelenjar paratiroid tersebut terletak pada pangkal leher.

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai dari kelenjar paratiroid ini adalah kanker paratiroid. Meskipun penyakit ini sangat jarang terjadi, namun penyakit ini harus tetap diwaspadai. Penyebab dari kanker paratiroid ini belum diketahui dengan pasti. Penyakit ini tidak memandang jenis kelamin, baik laki-laki ataupun perempuan berersiko terkena penyakit ini. Namun biasanya penyakit ini akan lebih beresiko menyerang seseorang yang berusia 30 tahun ke atas. Selain itu, seseorang yagn memiliki masalah neoplasia endokrin multiple tipe I juga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker paratiroid.

Jika kanker paratiroid ini disebabkan oleh penyakit hypercalcacemia, yaitu suatu keadaan dimana kadar kalsium dalam darah lebih tinggi dari seharusnya, maka beberapa gejala yang akan muncul adalah sering merasa haus, nafsu makan berkurang, mual, muntah, sering merasa lelah, sering buang air kecil, susah buang air besar, terasa nyeri pada tulang, otot yang melemah, terdapat batu ginjal serta mengalami patah tulang yang tidak normal.

Salah satu cara yang paling dianjurkan untuk penyembuhan penyakit ini adalah dengan jalan operasi. Karena jika tidak dilakukan pembedahan, biasanya dokter akan sulit untuk mendeteksi terjadinya kanker atau hanya sekedar tumor.

Jika ternyata dokter telah menemukan kelenjar yang bermasalah sebelum operasi, maka dokter hanya akan melakukan operasi pada salah satu sisi leher. Namun jika ternyata dokter tidak mendapatkan kelenjar yang bermasalah, maka dia akan melakukan operasi pada kedua sisi leher.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY