gejala dan pengobatan batu empedu oleh Kesehatan SegiEmpatEmpedu adalah cairan yang berasa pahit, bersifat basa dan memiliki warna hijau kekuningan. Warna hijau kekuningan pada empedu adalah karena cairan empedu mengandung pigmen urobilin, bilirubin dan biliverdin. Pigmen ini kemudian akan disekresikan oleh hepatosit hati. Setiap hari, lever akan mensekresikan cairan empedu sebanyak 500 hingga 1000 cc. Proses ini akan selalu terjadi dan akan meningkat jika sedang mencerna lemak.

Untuk beberapa spesies, cairan empedu akan disimpan dalam kantung empedu lalu kemudian dibawa ke usus dua belas jari agar bisa membantu mencerna makanan. Kantong empedu sendiri adalah sebuah membran berotot yang berbentuk terong. Organ ini terletak pada sebuah lobus yang terletak di bawah hati. Kantong empedu ini memiliki kapasitas sebesar 60 mL dengan panjang 8 hingga 12 cm. Lapisan dari kantong empedu ini terdiri dari pariental (luar serosa), lapisan otot bergaris dan membran mokusa (viseral atau lapisan dalam mukosa).

Fungsi dari empedu adalah membuat zat sisa yang terdapat dalam tubuh, terutama kelebihan kolesterol dan pigmen hasil pemecahan sel darah, membantu untuk menyerap lemak dan membantu pencernaan. Ketika terjadi kelebihan kolesterol di dalam empedu, maka cairan empedu akan menjadi jenuh, cairan kolestrol tidak larut dan kemudian membentuk endapan di luar empedu. Endapan inilah yang kemudian menjadi batu empedu.

Batu empedu itu sendiri terbentuk dari garam kalsium dan kolesterol. Batu empedu ini sendiri memiliki berbagai variasi ukuran, ada batu empedu yang hanya sebesar pasir namun ada juga batu empedu yang memiliki ukuran seperti bola golf. Selain itu batu empedu yang terbentuk juga bisa mencapai ribuan. Jika terus menerus dibiarkan, batu empedu ini bisa menyebabkan infeksi pada hati, saluran empedu dan pankreas.

Beberapa hal yang menyebabkan seseorang lebih beresiko mendapatkan batu empedu adalah faktor genetik, obesitas, diet tinggi lemak, dan usia lanjut. Namun hal ini masih bisa dicegah dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kolestrol. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami rasa nyeri, sering mual dan muntah. Adapun penanganan untuk masalah ini adalah dengan melakukan operasi untuk mengeluarkan batu empedu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY