manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan oleh Kesehatan SegiEmpatSiapa yang tidak kenal dengan temulawak? Tanaman yang satu ini sudah sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk lever. Selain itu, minuman yang dibuat dari temulawak pun bisa digunakan sebagai minuman untuk meningkatkan stamina tubuh. Temulawak juga sering digunakan sebagai salah satu obat untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.

Temulawak sendiri adalah salah satu herbal Indonesia yang sudah termasuk di dalam fitofarmaka. Fitofarmaka berarti bahwa herbal ini sudah diuji secara klinis, keamanannya terjamin dan khasiatnya bisa dipertanggungjawabkan secara medis. Selain itu, temulawak juga dapat digolongkan sebagai adaptogen dalam dunia fitotherapi. Adaptogen adalah obat herbal yang bisa meningkatkan ketahanan tubuh untuk melawan racun serta tidak berbahaya untuk tubuh. Adapun senyawa aktif yang terdapat pada temulawak adalah kurkumin, germakron dan xanthorrizhol.

Selain untuk menyembuhkan berbagai penyakit di dalam tubuh, temulawak juga adalah salah satu bahan herbal yang berguna untuk kecantikan. Temulawak dapat menghilangkan flek hitam yang terdapat pada wajah, mencegah penuaan dini dan juga menjaga kelenturan kulit dengan minyak astiri yang terkandung di dalamnya.

  • Manfaat Temulawak Untuk Wajah

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada wanita adalah jerawat dan noda hitam pada wajah. Kedua masalah ini bisa saja terjadi karena kesalahan dalam penggunaan kosmetik. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan seorang wanita yang dikenal sebagai makhluk yang selalu ingin memiliki penampilan yang sempurna. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kedua masalah ini adalah dengan menggunakan temulawak.

Adapun cara penggunaan temulawak untuk menghilangkan jerawat serta noda hitam pada wajah adalah :

  • Siapkan temulawak yang sudah tua ;
  • Cuci temulawak tersebut hingga bersih ;
  • Irislah temulawak tersebut dengan tipis lalu jemur hingga kering ;
  • Setelah kering, rebuslah temulawak tersebut dengan menggunakan dua gelas air hingga bersisa satu gelas ;
  • Minumlah ramuan ini saat akan tidur ;
  • Lakukan ini selama beberapa hari hingga jerawat dan noda hitam di wajah hilang.
  • Mengkonsumsi Temulawak Bubuk

Kalau kamu ingin merasakan manfaat sehat dari temulawak setiap hari tanpa harus bersusah payah untuk membuatnya, kamu bisa membeli temulawak yang sudah berbentuk serbuk. Seduhlah serbuk temulawak ini dengan menggunakan air dingin atau air hangat. Jika ingin mencegah penyakit dan meningkatkan vitalitas tubuh, kamu bisa mengkonsumsi serbuk temulawak satu kali dalam sehari. Kalau kamu mau mengkonsumsi temulawak untuk pengobatan, kamu bisa mengkonsumsi temulawak tiga kali sehari setelah makan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY