manfaat temulawak putih oleh Kesehatan SegiEmpatTemulawak, yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. adalah sebuah tanaman obat yang memiliki bentuk seperti rumpun dan memiliki batang semu. Temulawak ini masih satu ordo dengan berbagai tanaman obat lain seperti temu giring, kunyit dan temu hitam, yaitu ordo Zingiberales. Selain itu, temulawak juga masih satu famili dengan jahe, lempuyang gajah dan lempuyang jahe, yaitu famili Zingiberaceae.

Dan temulawak putih, yang memiliki nama latin Curcuma zedoaria Rosc juga adalah salah satu jenis tanaman obat yang berada dalam famili Zingiberaceae. Penggunaan akar dari temulawak putih ini telah digunakan sebagai salah satu jenis tanaman obat. Selain sebagai obat, temulawak putih juga telah digunakan sebagai pewarna dalam industri makanan dan pemberi aroma dalam industri parfum.

  • Kandungan di dalam Temulawak Putih

Di dalam temulawak putih terkandung cyclopropanosesquiterpene, curcumanolide A, curcumanolide B, curcumenone dan 2 spirolactones yang berfungsi sebagai anti fungal dan antimikroba.

Temulawak putih juga mengandung curcumenol, yang berguna sebagai obat penurun panas. Selain itu, temulawak putih juga mengandung minyak atsiri, kurkuminoid (diarilheptanoid), polisakarida dan sebagainya. Diarilheptanoid yang terkandung di dalam temulawak putih sendiri mengandung bisdemetoksikurkumin, demetoksikurkumin dan kurkumin.

Selain itu, rimpang temulawak putih juga sering digunakan untuk mengatasi perut kembung, obat kudis, pencuci darah, radang kulit, berbagai masalah pencernaan, sebagai penguat setelah melahirkan dan membersihkan rahim setelah melahirkan. Hasil penelitian juga menemukan bahwa temulawak putih juga bekerja sebagai analgesik, anti-tumor, anti-peradangan dan hepatoprotektif.

Adapun manfaat temulawak putih sebagai obat tradisional adalah untuk mengobati kudis, untuk mengobati radang pada kulit, untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada saluran pencernaan, untuk meredakan perut kembung, untuk meredakan nyeri yang terjadi karena perut kembung, untuk meredakan penyakit maag, untuk mengatasi masalah keputihan, untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, untuk membantu pengobatan kanker yang terjadi pada rahim, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, menghambat terjadinya peradangan yang lebih parah, membersihkan darah dari zat-zat yang berbahaya, sebagai obat anti peradangan, sebagai anti neoplastik, sebagai jamu untuk menguatkan ibu yang baru saja melahirkan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY