manfaat sirih merah untuk kesehatan oleh Kesehatan SegiEmpatDaun sirih adalah salah satu jenis tanaman yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional. Daun sirih hijau adalah jenis daun sirih yang terkenal dengan kandungan antiseptiknya sehingga sering digunakan untuk membasmi kuman dalam tubuh. Sirih hijau ini seringkali digunakan untuk mengatasi mata merah, menghentikan pendarahan pada hidung atau mimisan, mengatasi keputihan, membuat suara lebih nyaring, menjaga kebersihan gigi dan mulut, menahan perdarahan, mengeluarkan dahak, menyembuhkan luka yang terdapat pada kulit, mengatasi gangguan saluran pencernaan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Khasiat daun sirih hijau ini tidak hanya telah dipercaya oleh masyarakat sebagai penyembuh. Manfaat daun sirih ini juga telah dibuktikan dalam uji klinis di laboratorium. Hal inilah yang kemudian membuat daun sirih hijau menjadi bahan dasar dalam berbagai produk perawatan seperti misalnya pasta gigi ataupun cairan pembersih organ kewanitaan.

Selain sirih hijau, ada juga sirih merah yang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sirih merah ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias dan bisa ditanam pada halaman rumah atau pada pot. Namun selain itu, sirih merah juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

  • Kandungan Sirih Merah

Adapun kandungan yang terdapat di sirih merah serta manfaatnya untuk tubuh adalah alkoloid, yang berfungsi sebagai zat yang akan menghambat pembentukan sel kanker ; allylprokatekol ; cineole ; coryofelen ; ekstragol ; eugenol ; fenil propoda ; flavonoid, yang berfungsi sebagai antioksidan yang akan menghambat radikal bebas agar tidak masuk dan merusak sel-sel tubuh ; hidroksikaficol ; kadimen ; kavicol ; kavibetol ; karvokrol ; minyak astsiri, yang berfungsi sebagai antioksidan, fungisida atau mematikan jamur dan juga bisa mematikan kuman ; polivenol, yang berfungsi sebagai antiseptik sehingga bisa melindungi tubuh dari kuman ; p-cymene ; saponin ; tanin dan terpenana.

  • Khasiat Sirih Merah

Adapun manfaat dari sirih merah adalah mengatasi rasa lelah, mengobati penyakit maag, menurunkan tekanan darah tinggi, membuat kulit lebih halus, mengatasi keputihan, mengatasi nyeri sendi, mengatasi asam urat, mengobati diabetes, mengobati hepatits, menghilangkan batu ginjal, mengatasi kanker prostat dan mengobati penyakit liver.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY