manfaat daun sukun oleh Kesehatan SegiEmpatSukun, yang memiliki bahasa Latin Artocarpus altilis adalah sebuah tanaman yang bisa tumbuh hingga mencapai 30 meter. Sukun memiliki daun yang menyirip, agak keras, berwarna hijau tua, kasar dan kusam. Sedangkan buah sukun berbentuk bulat namun terkadang lonjong. Sukun ini termasuk dalam tumbuhan yang tidak mengenal musim, yang artinya dia akan tetap berbuah pada musim apapun.

Selain buahnya yang dapat dimakan, sukun ini juga memiliki banyak manfaat. Pohon sukun dipercaya bisa menyimpan lebih banyak cadangan air sehingga dapat dikatakan sebagai tumbuhan penyelamat di musim hujan dan kemarau. Selain itu, buah dan daun sukun juga memiliki manfaat lain untuk kehidupan. Buah suku dapat dijadikan sebagai bahan pangan sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional. Banyak masyarakat yang percaya bahwa daun sukun dapat digunakan untuk proses penyembuhan ginjal, liver dan juga jantung. Manfaat sukun sebagai pengobatan ginjal dan penyakit kardiovaskular telah dibuktikan oleh sebuah lembaga penelitian.

Dipercaya bahwa daun sukun mengandung asam hidrosianat, asetilcolin, riboflavin, tanin dan sebagainya, dimana semua zat ini mampu meredakan peradangan. Selain itu, beberapa penyakit lain yang dipercaya bisa disembuhkan oleh daun sukun adalah gatal-gatal, sakit gigi, jantung, liver, ginjal, hepatitis, pembesaran limpa. Bahkan, masyarakat Ambon sering menggunakan kulit batang dari pohon sukun untuk mencairkan darah wanita melahirkan.

Seorang ahli tanaman obat sekaligus pakar pengobatan alternatif mengatakan bahwa daun sukun memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan juga bisa meningkatkan kinerja ginjal sehingga kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam buah sukun adalah fosfor, kalsium, karbohidrat, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan zat besi. Sedangkan kandungan kimia dari sukun adalah champorol, phenol dan quercetin.

  • Khasiat Daun Sukun

Banyak yang percaya bahwa daun sukun yang telah berwarna kuning bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, daun sukun yang telah tua dan gugur juga dipercaya untuk menurunkan kadar gula dalam darah, mengatasi pembesaran prostaat dan juga mengobati gagal ginjal. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY