manfaat lavender oleh Kesehatan SegiEmpatBunga Lavender atau Lavandula L. adalah salah satu jenis bunga yang berwarna ungu dan memiliki bentuk kecil. Tanaman ini berasal dari benua Eropa, tepatnya dari negara Perancis. Namun sekarang bunga Lavender ini telah berkembang di daerah Eropa Selatan, Amerika Serikat dan Australia. Nama Lavender sendiri berasal dari bahasa Romawi Kuno, yaitu Lavare, yang artinya menyegarkan.

Pada zaman Romanwi Kuno, tanaman ini telah digunakan sebagai tanaman obat dan juga sebagai salah satu perlengkapan dalam ritual keagamaan. Namun sekarang, tanaman ini sering digunakan sebagai bahan pembuat parfum.

Tanaman ini dapat hidup pada tempat yang memiliki ketinggian sekitar 600 hingga 1.350 meter dpl. Semakin tinggi tempat tumbuh dari bunga ini, maka kualitas minyak yang dihasilkannya juga akan semakin baik. Tanaman ini dapat dibudidayakan dengan menggunakan bijinya. Caranya adalah, pilihlah biji yang tua dan sehat lalu semaikan. Jika tanaman ini sudah mulai tumbuh, maka kamu bisa memindahkannya ke dalam polybag. Ketika ketinggiannya telah mencapai 15 hingga 20 cm, maka kamu sudah bisa memindahkannya ke dalam pot atau ke halaman rumah.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 60 cm. Tanaman Lavender yang termasuk dalam suku Lamiaceae memiliki jumlah spesies sebanyak 25 hingga 30 spesies. Salah satu manfaat bunga lavender yang paling mudah ditemui adalah bisa menghindarkan kamu dari gigitan nyamuk. Caranya pun cukup mudah, kamu cukup menggosokkannya ke kulit kamu. Selain itu, minyak yang dihasilkan dari bunganya bisa memberikan aroma wangi.

Sedangkan linalool asetat, yang merupakan komposisi utama dari minyak lavender adalah salah satu zat yang mempu untuk membuat urat syaraf dan otot yang tegang menjadi lebih rileks. Hal inilah yang membuat bunga lavender sehing digunakan sebagai bahan untuk antinyamuk, parfum, aromaterapi, minyak gosok, obat-obatan dan ramuan untuk mandi.

Adapun kandungan dari bunga lavender adalah alokasi-ocimene, camphene, geraniol, lavandulol, limonene, monoterpene hidrokarbon dan nerol.

Beberapa penelitian telah menemukan hasil dari minyak esensial lavender, yaitu mengatasi insomnia, mengatasi kerontokan rambut, mengurangi rasa cemas, meredakan stres, meredakan rasa nyeri setelah operasi. Selain itu, sedang dilakukan penelitian untuk mempelajari sifat antibakteri dan antivirus dari bunga lavender.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY