makanan alami untuk mengatasi insomnia oleh Kesehatan SegiEmpatMasalah tidur adalah masalah yang seringkali terjadi pada masyarakat perkotaan. Salah satu masalah tidur yang paling menggangu adalah insomnia. Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak bisa tertidur di malam hari hingga pagi menjelang. Hal ini kemudian mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bangun pagi. Kalaupun dia harus terbangun, biasanya penderitanya tidak mendapatkan energi yang cukup sehingga bangunnya tidak segar dan stres.

Untuk mengatasi masalah insomnia, biasanya seseorang akan mengkonsumsi obat tidur atau zat penenang agar bisa beristirahat. Padahal hal ini akan menimbulkan ketergantungan sehingga penderitanya tidak bisa tidur tanpa obat tersebut.

Sebenarnya ada cara alami untuk mengatasi insomnia, yaitu dengan makanan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu untuk mengatasi insomnia:

  • Mengkonsumsi Buah Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini karena pisang akan meningkatkan hormon melatonin. Hormon ini akan mengirimkan sinyal pada otak untuk beristirahat. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang bisa membantu untuk mengurangi stres.

  • Mengkonsumsi Susu Hangat

Selain untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, susu juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Hal ini karena susu mengandung triptofan yang akan membuat kamu lebih santai sehingga bisa tidur nyenyak. Namun sebaiknya kamu tidak minum susu bersamaan dengan makan kalkun. Karena hal ini akan membuat jumlah gas dalam tubuh kamu meningkat sehingga kamu sulit untuk tidur.

  • Mengkonsumsi Kentang

Kentang adalah makanan yang rendah kalori namun mengandung Glucemic Index. Zat ini akan membantu untuk mengatasi asam yang menahan triptofan. Dengan begini, maka kamu akan mendapatkan tidur yang lebih baik. Kamu bisa mengkonsumsi mashed potatoes dengan buttermilk atau susu rendah lemak.

  • Mengkonsumsi Oatmeal

Selain mengandung serat yang akan membuat perut kamu merasa nyaman saat tidur, oatmeal juga mengandung melatonin. Melatonin ini adalah zat yang akan membuat kamu merasa lebih relaks sehingga bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

  • Mengkonsumsi Kalkun

Kalkun atau turkey adalah makanan lain yang bisa membantu kamu untuk bisa tidur nyenyak. Daging dari hewan yang memiliki hubungan kekerabatan dengan ayam ini mengandung asam amino triptofan. Zat ini akan membuat kamu lebih tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY