makanan penghilang stres oleh Kesehatan SegiEmpatSiapa yang tidak kenal dengan kata stres. Kata ini seperti sudah melekat pada hampir semua orang, terlebih lagi bagi mereka yang hidup di kota besar. Pekerjaan yang bertumpuk, kemacetan, tuntutan hidup dan sebagainya membuat orang-orang menjadi semakin stres.

Hal inilah yang membuat banyak orang yang mencari pelarian untuk menghilangkan stresnya seperti jalan-jalan, karaokean atau yang lebih parah lagi mabuk-mabukan. Tapi saya tidak merekomendasikan kalian untuk melakukan hal terakhir. Meski demikian, ada juga beberapa orang yang melampiaskan stresnya dengan makan.

Orang yang stres biasanya berusaha untuk makan apapun yang dia inginkan, yang penting stresnya bisa hilang. Cara ini memang bisa mengatasi stres, namun bisa membuat berat badan kamu bertambah. Pertambahan berat badan kemudian akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Tapi sebenarnya ada juga beberapa jenis makanan yang bisa menghilangkan stres. Beberapa makanan berikut ini mengandung zat yang bisa mengatasi stres:

  • Susu

Siapa sangka kalau minuman yang mengandung kalsium ini juga bermanfaat untuk mengatasi stres. Minuman yang satu ini memiliki khasiat yang lebih baik daripada teh dan kopi. Di dalam susu terkandung antioksidan, kalsium, protein serta vitamin B2 dan B12 yang bisa mengatasi stres.

  • Buah Alpukat

Buah yang sering dibuat jus ini ternyata juga memiliki manfaat untuk mengurangi stres. Hal ini karena buah alpukat kaya akan vitamin B. Vitamin B sendiri dibutuhkan untuk menjaga kesehatan syaraf dan mental tubuh.

  • Kacang Almond

Lagi stres dan pengen ngemil sesuatu? Makanlah kacang almond. Kacang yang mengandung lemak tak jenuh ini adalah salah satu jenis makanan yang dapat meredakan stres. Selain itu, kacang almond juga mengandung zinc dan magnesium, yang merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Asparagus

Rendahnya kadar asam folat dalam tubuh adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan rasa cemas dan depresi. Salah satu makanan yang kaya akan asam folat sehingga bisa mencegah rasa cemas, depresi dan stres adalah asparagus. Oleh karena itu, rajin-rajinlah makan asparagus untuk meningkatkan asam folat dan menghindari stres.

  • Sereal

Lagi stres karena urusan kantor yang belum selesai? Makanlah semangkuk sereal saat sarapan. Sereal adalah makanan yang kaya akan vitamin dan asam folat sehingga dapat meredakan stres.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY