pemicu perkembangan sel kanker oleh Kesehatan SegiEmpatPenyakit kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit yang ditandai dengan kerusakan sel dalam tubuh ini ditakuti oleh banyak orang karena dampaknya bagi penderitanya. Penyakit kanker ini semakin mudah terjadi dengan gaya hidup orang-orang jaman sekarang. Makanan yang serba instan, junk food, kandungan makanan yang sudah tidak bisa lagi diatasi, kurang berolahraga adalah beberapa penyebab terjadinya penyakit kanker.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa hal lain yang dapat menyebabkan penyakit kanker:

  • Paparan Sinar Ultraviolet

Paparan atau radiasi dari sinar ultraviolet adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Hal ini akan menjadi semakin parah dengan semakin menipisnya lapisan ozon yang bisa mengurangi dampak sinar ultraviolet terhadap tubuh. Adapun jenis kanker yang bisa diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet adalah kanker kulit. Salah satu cara untuk mengurangi resiko terjadinya kanker kulit adalah dengan menggunakan tabir surya.

  • Ikan Salmon

Sebenarnya ikan yang satu ini adalah ikan yang mengandung begitu banyak gizi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Tapi ternyata ikan salmon yang dibudidayakan berpotensi menjadi karsinogenik. Ikan salmon yang dipelihara biasanya mengandung antibiotik, pestisida dan beberapa bahan kimia lain yang dapat memicu terjadinya kanker. Bahan-bahan ini biasanya digunakan oleh para peternak untuk mendapatkan ikan yang lebih besar dan lebih banyak. Oleh karena itu, akan lebih baik kalau kita mengkonsumsi salmon yang ditangkap dari perairan.

  • Daging Hasil Olahan

Daging olahan juga adalah salah satu penyebab terjadinya kanker sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya kematian. Selain itu, daging olahan juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular dengan bahan pengawet serta proses pengolahannya. Untuk menurunkan resiko terjadinya kanker dan penyakit jantung, sebaiknya daging olahan hanya dikonsumsi sebanyak 20 gram tiap harinya.

  • Keripik Kentang

Untuk membuat keripik kentang terasa lebih renyah dan nikmat, maka makanan ini digoreng dengan suhu tinggi. Namun ternyata cara ini justru dapat menyebabkan penyakit. Proses ini dapat menyebabkan terbentuknya acrylamide, yaitu penyebab kanker yang ditemukan saat rokok dibakar.

  • Berondong Jagung

Berondong jagung atau popcorn juga bisa menyebabkan kanker. Popcorn instan yang biasanya dimasak bersama kantongnya adalah penyebabnya. Kantong popcorn instan mengandung perfluorooctanoid acid atau PFOA yang jika terbakar dapat menjadi penyebab kanker dan juga infertilitas.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY