olahraga saat puasa oleh Kesehatan SegiEmpatBanyak orang yang menghentikan kegiatan olahraganya saat sedang berpuasa. Hal ini karena mereka takut kehabisan tenaga, terlalu lelah atau akan mengalami dehidrasi karena berolahraga. Padahal sebenarnya puasa adalah saat yang paling tepat untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah berolahraga. Yang menjadi masalah adalah banyak bingung, bagaimana cara olahraga saat puasa.

Karena olahraga pasti akan menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak tenaga dan juga cairan tubuh. Hal inilah yang membuat orang malas olahraga saat puasa. Padahal ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa. Dimana olahraga ini tidak membutuhkan banyak tenaga. Olahraga juga akan membuat tubuh tetap aktif sehingga kamu bisa tetap sehat. Mau tau olahraga apa aja? Cekidot:

  • Olahraga Kardiovaskuler

Olahraga yang pertama adalah latihan kardiovasuler, contohnya jalan kaki atau mengendarai sepeda. Olahraga ini akan membantu kamu untuk membakar kalori serta meningkatkan stamina. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, stamina yang tetap terjaga akan membantu kamu untuk bisa tetap bersemangat saat berpuasa.

  • Olahraga yang Dilakukan di Matras

Olahraga berikutnya adalah push up atau squat yang dilakukan di atas matras. Olahraga seperti ini adalah olahraga ringan yang bisa membuat tubuh tetap bugar. Tubuh yang bugar pasti akan membantu kamu untuk bisa tetap beraktivitas meski sedang berpuasa.

  • Gerakan Pemanasan

Kalau kamu tidak mau terlalu banyak berkeringat dan juga mau tubuh tetap fleksibel, kamu bisa melakukan gerakan peregangan otot atau pemanasan. Selain itu, gerakan ini juga akan membantu kamu untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

  • Lompat Tali

Permainan masa kecil ini ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai olahraga saat berpuasa. Tapi karena olahraga ini membutuhkan tenaga yang cukup banyak, sebaiknya kamu berhenti berolahraga jika sudah berkeringat banyak atau merasa lelah.

Agar kamu tidak lelah saat berolahraga di bulan Ramadhan, sebaiknya kamu berolahraga maksimal 60 menit sebelum buka puasa atau 60 menit setelah berbuka puasa. Tidak perlu lama, cukup 30 hingga 60 menit dalam sehari selama lima kali dalam seminggu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY