Hasil studi menunjukkan bahwa jika salah satu indera kehilangan kemampuannya, maka daerah otak yang lain akan mengambil alih tugas tersebut. Jadi saat seseorang kehilangan salah inderanya, maka indera lainnya akan menjadi lebih sensitif. Hal inilah yang dialami oleh Matt Murdock dalam film Daredevil. Kehilangan penglihatan membuat indera pendengarannya menjadi lebih sensitif.

Tapi pernahkah kamu berpikir bahwa ada beberapa keadaan ekstrim yang bisa membuat inderamu menjadi lebih sensitif? Berikut ini adalah beberapa kasus yang bisa memberikan contoh dari hal tersebut:

  • Cabe yang bisa Membuat Kepalamu Meledak

kepekaan Carolina Reaper oleh Unik SegiEmpat

Bagi kamu pecinta makanan pedas, kamu harus mencoba Carolina Reaper, cabe terpedas di dunia. Cabe ini dibudidayakan oleh Ed Currie, ynag merupakan pendiri sekaligus presiden dari Perusahaan PuckerButt Pepper di Carolina Selatan. Dia mengatakan bahwa, kebanyakan orang pasti akan merasa stres setelah makan cabe ini.

Cabe ini telah masuk di Guinness World Records Currently sebagai cabe terpedas di dunia. Dalam skala Scoville Heat Unit, cabe ini memiliki angka diatas 2.200.000, dimana angka yang dimiliki oleh cabe pada umumnya adalah 1,569,300. Satu buah cabe ini bisa disamakan dengan 8.000 buah cabe jalapeno.

  • Tempat Bersejarah yang Memiliki Lantai Miring

kepekaan Heinolds First and Last Chance Bar oleh Unik SegiEmpatSalah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berada di Oakland, California adalah Heinold’s First and Last Chance Saloon yang terletak di Jack London Square. Satu hal yang menarik dari bar ini adalah mereka memiliki lantai yang miring. Namun kemiringan lantai tersebut tidak membuat para pelanggannya jatuh ataupun minuman mereka tumpah.

Bar yang dibangun pada tahun 1880 itu memiliki begitu banyak foto, topi pelaut serta kartu nama yang tergantung di dindingnya. Bar yang pernah digunakan oleh Jack London saat menulis bukunya yang berjudul Call Of the Wild and Seawolf ini telah menjadi salah satu tempat bersejarah. Kemiringan lantai itu “didapatkan” dari gempa bumi yang terjadi di San Fransisco, yang kemudian menyebabkan terjadinya lubang pada daerah sekitar situ.

  • Ikan Hasil Fermentasi yang Sangat Busuk

kepekaan Surströmming oleh Unik SegiEmpatSalah satu produk dari Swedia yang paling terkenal adalah Surströmming. Surströmming ini adalah ikan yang paling busuk di dunia. Produk ini terbuat dari ikan haring yang difermentasikan dalam kaleng. Ikan ini juga disebut dengan nama ikan Scandinavian yang paling busuk.

Ikan jenis ini biasanya akan ditangkap pada bulan Mei dan Juni. Setelah itu, ikan ini akan difermentasikan selama sepuluh bulan di dalam gentong. Kemudian, fermentasi akan dilanjutkan selama enam bulan sebelum ditaruh di dalam kaleng.

Bau tidak sedap dari ikan ini berasal dari bakteri Haloanaerobium. Perpaduan dari bakteri, hidrogen sulfida dan asam butirat membuat ikan ini mengeluarkan bau yang akan membuat kita ingin muntah. Namun bagi orang disana, ikan ini begitu nikmat dinikmati bersama roti tunnbröd, kentang, bawang dan krim asam.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY