Mother breast-feeding baby girl
Mother breast-feeding baby girl

ASI adalah makanan pokok yang harus diberikan kepada bayi. Namun, para Bunda yang belum bisa memproduksi ASI biasanya memilih susu formula. Tapi, tentunya kandungan yang ada di dalam susu formula tidak sebaik yang pada ASI. Untuk itu, para Bunda sebaiknya memenuhi asupa gizi dalam tubuhnya agar bisa memperbaiki kualitas ASI yang nantinya akan diberikan kepada bayinya.

– Penuhi kebutuhan kebutuhan cairan dalam tubuh perharinya

Cairan merupakan salah satu kebutuhan yang harus segera dipenuhi oleh para Bunda saat menyusui. Pasalnya, ASI tentunyanya membutuhkan juga cairan untuk dapat tetap berproduksi. Jumlah produksi ASI perharinya itu antara 8 hingga 10 cangkir. Cairan tersebut akan diambil dari dalam tubuh sang Bunda. Jika jumlah cairan tubuh sang Bunda kurang, bisa saja Bunda akan mengalami dehidrasi saat menyusui. Air mineral, jus, susu kedelai atau berbahan beras lainnya, teh herbal, dan juga kaldu bisa membantu memenuhi jumlah cairan dalam tubuh Bunda, dan juga memperbaiki kualitas dari ASI. Anda sebaiknya batasi jumlah konsumsi kafein dari kopi saat menyusui dan hindari untuk mengkonsumsi alkohol. Usahakan setelah makan Anda meminum air putih atau segelas jus.

– Mengkonsumsi sayuran hijau dan buah

Sayuran dengan daun yang berwarna hijau seperti bayam, kangkung, dan juga daun katu merupakan menu makanan yang harus selalu ada tiap hari. Anda bisa mengolah berbagai bahan sayuran tersebut sesuai selera Anda, agar untuk Anda yang tidak suka mengkonsumsi sayuran bisa memiliki nafsu makan dengan sayuran tersebut. Tambahan seperti buah – buahan juga penting Anda konsumsi setiap hari, yang bisa Anda jadikan camilan saat waktu senggang. Buah – buahan ini mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk meningkatkan kualitas dari ASI Anda.

– Makanan dengan protein yang cukup dan tidak berlebihan

Protein sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh Anda saat menyusui. Pastikan makanan harian atau pokok Anda setiap 3 kali sehari selalu ada kandungan proteinnya. Protein ini bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daging, makanan laut, telur, tahu, kacang – kacangan dan juga keju. Salah satu jenis makanan yang mengandung protein yang pasti paling sering Anda makan adalah ikan. Anda bisa mengkonsumsi ikan setiap hari, tapi pastikan ikan tersebut tidak mengandung merkuri yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

– Jenis makanan organik

Mengkonsumsi makanan dengan jenis bahan organic sangat penting Anda konsumsi. Jenis makanan seperti ini tentunya memiliki kualitas yang lebih baik dan tidak mengandung bahan kimia seperti pupuk atau pestisida. Dengan mengkonsumsi makanan organik Anda bisa membantu dalam meningkatkan kualtias ASI yang akan diberikan pada bayi Anda.

– Vitamin dan mineral yang cukup

Vitamin merupakan salah satu hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan kualitas ASI yang dibutuhkan saat menyusui bayi Anda. Selain vitamin tersebut, mineral juga salah satu asupan tubuh yang sangat penting untuk dipenuhi oleh ibu yang menyusui. Beberapa jenis vitamin yang baik untuk Anda konsumsi saat sedang menyusui adalah kalsium, Vitamin D, Asam Folat, daan juga zat besi. Atau Anda bisa meminta suplemen khusus yang telah memenuhi semua kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tersebut kepada dokter Anda.

LEAVE A REPLY