Anak Pilek oleh SegiEmpatFaktor lingkungan, aktivitas dan faktor alam seperti cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini menjadi ancaman yang cukup serius bagi si buah hati. Ditengah keceriaannya, kegesitannya dan canda tawanya para orangtua kadang diselimuti rasa khawatir akan penyakit yang mungkin mengancam buah hatinya seperti pilek.

Pilek pada anak merupakan penyakit yang cukup sering terjadi, dimana si buah hati mengalami peradangan pada lapisan hidung dan tenggorokan yang mengakibatkan peningkatan lendir. Mungkin saja pilek menjadi penyakit yang terlihat sederhana tapi saat anak pilek tentu Anda jadi khawatir apalagi saat ia pilek si buah hati cenderung jadi rewel dan susah tidur.

Bunda sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi anak Anda sekarang, karena sebenarnya pilek yang dialami anak akan sembuh dalam waktu satu minggu kecuali kondisinya semakin menurun dan terjangkit infeksi sekunder pada telinga dan sinus. Tapi sebagai Ibu pasti Anda tidak bisa tinggal diam saat buah hati sakit, untuk itu saya punya beberapa cara alami mengatasi pilek pada anak yang bermanfaat untuk Anda.

Berukan Asupan Berprotein

Imunitas tubuh merupakan kunci yang paling penting terhadap penyakit yang terjadi pada anak. Nah, untuk imun yang baik tubuh membutuhkan asupan protein yang baik pula. Untuk itu saat buah hati Anda sakit berikan makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan, susu, ayam dan telur.

Selain itu Anda juga bisa memberikan makanan probiotik seperti yogurt yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh anak dan mencegah penyakit pada pernapasannya seperti pilek.

Berikan Istirahat yang Cukup

Sama seperti makanan berprotein, imun pada tubuh juga sangat berkaitan dengan istirahat. Nah, saat anak Anda pilek maka sebaiknya Anda berikan dia istirahat yang cukup. Tidak hanya memberikannya waktu tidur yang berkualitas tapi juga istirahatkan dia dari semua aktivitas yang biasa ia lakukan seperti bersekolah.

Berikan Cairan Hangat

Anak Pilek oleh SegiEmpatPemberian cairan atau air hangat sangat membantu untuk mengatasi pilek, termasuk untuk buah hati Anda. Bahkan cairan hangat khususnya sup ayam sudah banyak dibuktikan sebagai cara ampuh untuk mengatai pilek dan semua gejalanya. Hangatnya kuah dan protein dari ayam sangat bermanfaat pada imunitas tubuhnya.

Berikan Larutan Garam

Secara alami gram memiliki manfaat sebagai antiinflamasi yang sangat berkhasiat untuk melegakan pernapasan dan juga mengeluarkan lendir. Saat buah hati Anda pilek yang mengalami masalah pada pernapasannya Anda bisa memberikannya larutan garam pada hidungnya yang tersumbat. Anda bisa mendapatkan larutan garam fisiologis di apotek terdekat atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan satu sampau setengan sendok teh garam kedalam 1 liter air hangat.

Relaksasi

Memberikan relaksasi kepada anak yang pilek juga sangat membantu untuk mengatasi penyakit yang ia derita. Anda bisa membantu mengatur posisi tidurnya, memberikannya uap hangat dari minyak telon atau memandikannya dengan air hangat.

Pilek memang cukup mengkhawatirkan khususnya pada sang Ibu yang penuh kasih sayang. Tapi cara-cara alami di atas sudah cukup bisa membantu Anda mengatasi pilek pada si buah hati. Semoga infonya bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY