yang dilakukan saat janin menendang oleh Hamil SegiEmpatSalah satu keistimewaan seorang wanita adalah mengandung dan melahirkan seorang anak. Saat usia kandungan sudah semakin tua, biasanya janin akan melakukan berbagai aktivitas. Salah satu aktifitas janin yang paling sering dirasakan oleh Ibu adalah saat janin menendang. Meskipun aktifitas ini sering membuat Ibu merasa kesakitan, tapi banyak juga Ibu yang menikmatinya, bahkan bahagia dengan gerakan janinnya tersebut.

Namun banyak juga Ibu yang tidak tahu harus berbuat apa saat janinnya melakukan aktifitas tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat janin menendang:

  • Bermain dengan Janin

Salah satu hal yang membuat janin menendang adalah karena dia ingin menyapa Anda dan memberikan tanda kalau dia ada di dalam perut Anda. Jadi ketika dia memberikan tendangan di salah satu titik, berikan usapan lembut pada daerah tersebut. Dengan begini, dia akan merasa bahwa Anda merasakan dan memperhatikan keberadaannya.

  • Menikmati

Banyak Ibu hamil yang merasakan sakit saat janinnya menendang. Namun ada baiknya jika Anda menikmati setiap gerakan yang dilakukan oleh janin dalam kandungan Anda, terlebih kehamilan telah memasuki 9 bulan. Adapun yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres dan ketegangan pra persalinan adalah dengan bergabung dalam klub senam hamil.

  • Mengganti Posisi

Jika ternyata tendangan janin Anda sudah mulai menyakitkan, ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengganti posisi Anda saat itu. Bisa jadi dia merasa tidak nyaman sehingga memberi tanda bagi Anda untuk segera merubah posisi Anda saat ini.

  • Hitunglah Jumlah Tendangannya

Saat usia kehamilan Anda sudah memasuki 9 bulan, sebaiknya Anda mulai sering memantau gerakan rahim. Akan lebih baik lagi jika Anda menghitung jumlah tendangan janin Anda. Janin dikatakan berada dalam keadaan normal jika dia melakukan gerakan setiap satu jam. Namun jika ternyata dia jarang bergerak dalam jangka waktu 2 hingga 3 jam, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

  • Merangsang Gerakannya

Ketika gerakan janin mulai menurun, ada baiknya jika Anda memancingnya dengan jus atau cemilan. Makanan yang Anda konsumsi akan membuat bayi bergerak dan menendang. Namun sebaiknya Anda berhati-hati dan membatasi porsinya, karena salah-salah, Anda dan bayi bisa terkena diabetes.

LEAVE A REPLY