tips sahur agar ibu hamil kuat puasa oleh Hamil SegiEmpatAgar Ibu hamil kuat puasa, dia harus mendapatkan asupan makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Meskipun sebenarnya Ibu hamil telah diberikan kelonggaran untuk tidak melakukan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan, namun banyak juga wanita hamil yang tetap memaksa untuk berpuasa.

Hal ini diizinkan asalkan Ibu hamil tidak mengalami berbagai masalah kesehatan yang bisa berdampak buruk baginya. Selain itu, usia kehamilan pada trimester pertama dan ketiga juga tidak diizinkan untuk berpuasa. Namun yang paling penting adalah, Ibu harus memeriksakan diri ke dokter kandungan sebelum berpuasa. Ibu juga harus segera membatalkan puasanya saat sudah merasa tidak kuat untuk berpuasa.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi agar Ibu hamil kuat puasa, berikut ini adalah beberapa tips sahur yang bisa dilakukan:

  • Mengurangi Makanan yang Mengandung Garam

Makanan yang memiliki kandungan garam yang terlalu tinggi dapat membuat Anda lebih cepat lapar, bahkan beresiko membuat Anda terkena hipertensi. Oleh karena itu, kurangi konsumsi asupan garam.

  • Hindari Makanan yang Bisa Meningkatkan Lambung

Saat sahur, sebaiknya Anda menghindari makanan yang terlalu asam, terlalu pedas atau memiliki rasa yang tajam. Makanan seperti ini dapat meningkatkan asam lambung sehingga membuat Anda merasa mual hingga muntah.

  • Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Agar Anda merasa kenyang lebih lama, sebaiknya Anda mengkonsmsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, jagung, ubi, singkong, sereal dan kentang.

  • Sumber Protein

Dalam memenuhi protein, Anda bisa mendapatkannya dari protein hewani dan nabati. Untuk protein hewani, Anda bisa mendapatkannya dari daging rendah lemak seperti daging merah, ikan dan daging unggas. Sedangkan untuk protein nabati, Anda bisa mendapatkannya dari kacang kedelai, tempe dan tahu.

  • Sayuran

Saat Anda akan mengkonsumsi sayuran, pastikan ada berbagai macam sayuran dalam menu makanan Anda. Sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau, putih, merah, ungu, jingga dan kuning. Sayuran berwarna warni akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan antioksidan bagi Anda dan janin di dalam kandungan.

  • Konsumsi Buah

Di akhir waktu sahur Anda, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi buah. Tidak perlu banyak, cukup satu atau dua potong.

  • Susu Hamil

Saat sahur, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi susu khusus Ibu hamil untuk menjaga kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

  • Aktivitas Setelah Sahur

Setelah sahur, sebaiknya Anda tidak langsung tidur. Karena hal ini akan membuat Anda sulit untuk bergerak. Selain itu, langsung tidur setelah makan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Akan lebih baik jika Anda melakukan kegiatan ringan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY