puasa bagi ibu hamil trimester ketiga oleh Hamil SegiEmpatAda beberapa golongan yang diizinkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadhan, saat satunya adalah Ibu hamil. Namun masih ada saja Ibu hamil yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, tips puasa bagi Ibu hamil akan menjadi informasi yang Anda butuhkan.

Seorang wanita hamil memiliki keadaan yang berbeda dengan wanita yang tidak sedang hamil. Hal inilah yang membuat Ibu hamil, terlebih lagi yang usia kandungannya telah memasuki trimester ketiga harus betul-betul menjaga kesehatannya. Apalagi pada masa ini, waktu persalinan juga sudah semakin dekat.

Pada trimester ketiga, Ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 10 hingga 15 kg atau bahkan lebih. Selain itu, Ibu hamil juga akan mengalami rasa panas di sekitar dada, sakit punggung dan lebih sering buang air kecil. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan bagi bidan atau dokter kandungan agar Ibu hamil tidak berpuasa. Selain itu, masa ini juga adalah masa penyempurnaan janin sehingga ditakutkan puasa akan berpengaruh pada hal tersebut.

Meski demikian, Ibu hamil yang telah memasuki trimester ketiga bisa tetap melakukan puasa bagi Ibu hamil dengan beberapa tips berikut ini:

  • Mengurangi Makanan yang Tinggi Gula

Kenaikan berat badan saat hamil, terlebih lagi saat trimester ketiga adalah hal yang normal. Namun sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gula atau mengandung pemanis buatan. Makanan jenis ini dapat membuat berat badan Anda dan janin dalam kandungan semakin bertambah. Hal ini pasti akan membuat Anda kesulitan saat akan bersalin.

  • Menjaga Kesehatan Tubuh

Seorang wanita hamil akan lebih cepat merasa lelah daripada saat mereka sedang tidak hamil. Tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama 14 jam mungkin akan memperburuk keadaan tersebut. Selain itu, perasaan was-was karena menantikan kelahiran buah hati juga akan membuat Anda semakin cepat lelah. Oleh karena itu jika Anda tidak sanggup, sebaiknya Anda tidak lagi melanjutkan puasa Anda.

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi

Saat sedang berpuasa, Ibu juga harus tetap memenuhi kebutuhan gizinya. Seorang Ibu hamil membutuhkan kalori sekitar 285 hingga 300 kkal untuk menambah volume air ketuban sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dan plasenta. Selain itu, Ibu hamil juga membutuhkan asupan lemak, protein dan vitamin yang bisa didapatkan dari sayur dan buah. Disamping itu, Ibu hamil juga membutuhkan vitamin B1 untuk mempertahankan volume darah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memenuhi semua kebutuhan tersebut saat sahur dan buka puasa.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY