menjaga kebugaran ibu hamil saat berpuasa oleh Hamil SegiEmpatMenjaga kebugaran Ibu hamil saat berpuasa adalah salah satu informasi yang dibutuhkan oleh para Ibu hamil yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Meskipun Ibu hamil diberi keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan, tapi masih ada saja yang ingin melaksanakannya.

Selain itu, hasil penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa seorang anak yang Ibunya berpuasa dan tidak namun mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, tidak akan mengalami perbedaan, baik dari kecerdasan ataupun kesehatannya.

Namun bagi Ibu hamil yang masih berada pada trimester pertama, sebaiknya tidak melaksanakan ibadah puasa, terlebih lagi kalau masih sering mengalami morning sickness. Selain itu jika kenaikan berat badan dibawah 14 kg, sebaiknya Anda juga tidak berpuasa. Karena melakukan ibadah puasa di masa ini dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Berikut ini adalah tips menjaga kebugaran ibu hamil saat berpuasa:

  • Saat sahur, konsumsilah menu makanan yang nutrisinya dapat menjaga kesehatan dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh Anda dan janin dalam kandungan. Adapun nutrisi yang harus Anda penuhi adalah karbohidrat kompleks, protein dan lemak serta sayur dan buah.
  • Saat sedang berpuasa, seseorang akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal inilah yang membuatnya lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda makan dengan porsi sedikit namun sering. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap menjaga asupan nutrisi bagi Anda dan juga janin dalam kandungan.
  • Saat berpuasa, Anda tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 14 jam. Hal itu akan membuat Anda dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda minum 4 gelas air saat sahur dan 4 gelas lagi saat buka puasa. Tapi Anda tidak harus meminumnya, Anda dapat minum sedikit demi sedikit.
  • Menjelang buka puasa, sebaiknya Anda tetap melakukan yoga namun mengurangi intensitasnya.
  • Saat sedang berpuasa, mungkin saja Anda akan kurang istirahat karena harus bangun lebih awal. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa tidur siang jika memiliki waktu luang.
  • Anda juga harus tetap mengkonsumsi susu hamil saat sedang berpuasa. Anda bisa mengkonsumsinya saat sahur dan buka puasa.
  • Jika perlu, konsumsilah vitamin. Namun sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY