memilih tempat bersalin yang cocok oleh Hamil SegiEmpatSetelah menjalani kehamilan kehamilan selama sembilan bulan, calon Ibu sudah harus bersiap untuk bersalin. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat akan bersalin nanti adalah memilih tempat bersalin yang cocok. Hal ini untuk memastikan bahwa calon Ibu dan bayi yang berada dalam kandungannya mendapatkan perawatan yang tepat.

Dalam mencari tempat untuk melahirkan, tentu akan banyak hal yang akan Anda pertimbangkan. Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada teman atau kerabat atau bahkan mencari informasi tentang rumah sakit tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal perlu Anda pertimbangkan dalam memilih tempat bersalin yang cocok:

  • Biaya yang Harus Dikeluarkan

Jika Anda sendiri yang akan menanggung biaya persalinan, sebaiknya Anda memilih tempat bersalin yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Karena setelah bayi Anda lahir, Anda masih harus memenuhi kebutuhannya yang lain. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah biaya yang akan Anda gunakan saat melahirkan, sewa kamar jika Anda harus rawat inap dan kemungkinan Anda akan mengalami operasi Caesar.

  • Fasilitas yang Dimiliki

Dalam memilih tempat untuk melahirkan, sebaiknya Anda memastikan bahwa tempat tersebut bisa merujuk Anda ke rumah sakit yang lebih lengkap saat ada keadaan darurat. Selain itu, tempat tersebut juga harus memiliki ambulans agar Anda tidak lagi kesulitan dalam hal transportasi jika nantinya harus dirujuk.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah sebaiknya tempat tersebut akan memiliki fasilitas yang memungkinkan Anda untuk seruangan dengan bayi Anda setelah bersalin. Dengan begini, maka bayi Anda akan mendapatkan ASI Ekslusif kapanpun dia butuhkan serta membantu ibu untuk mengenali ritme bayi.

  • Jika Kehamilan Anda Beresiko

Jika Anda memiliki masalah dengan kehamilan, seperti penyakit jantung bawaan, preeklamsia, bayi yang beresiko lahir prematur, letak janin yang sungsang atau melintang, bayi yang memiliki ukuran besar atau ari-ari bayi yang menutup jalan lahir, sebaiknay Anda memilih rumah sakit yang memiliki fasilitas ICU dan NICU (neonatus intensive care unit) agar Anda dan bayi Anda bisa mendapatkan perawatan yang lebih lengkap.

  • Suasana dan Kebersihannya

Untuk bisa melahirkan dengan lancar, sebaiknya Anda memastikan bahwa rumah sakit tersebut memiliki keadaan yang tenang dan tidak berisik agar Anda juga bisa lebih rileks. Selain itu, pastikan juga kalau rumah sakit tersebut menjaga kebersihannya agar Anda juga merasa nyaman saat berada disana.

  • Jaraknya dari Tempat Tinggal

Sebaiknya Anda juga mencari tempat untuk melahirkan yang tidak begitu jauh dari rumah. Hal ini untuk menjaga agar calon Ibu mendapatkan penanganan yang cepat saat akan bersalin. Selain itu, perkirakan juga waktu yang Anda butuhkan untuk tiba di tempat bersalin jika lalu lintas sedang padat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY