Foto Sulit Tidur Saat Hamil Oleh Kesehatan SegiEmpatTahu kah Anda? Mual danmuntah yang kerap Anda rasakan selama trimester pertama serta sesak yang disebabkan oleh membesarnya ukuran perut pada trimester ketiga ternyata membuat menyebabkan banyak wanita hamil mengalami beberapa masalah, diantaranya adalah sulit tidur. Apabila kebiasaan ini terus dibiarkan begitu saja—apalagi jika waktu tidurnya kurang dari 6 jam—maka wanita hamil akan lebih berisiko terkena berbagai gangguan kehamilan seperti pre-eklampsia (meningkatnya tekanan darah selama masa kehamilan) dan mmbuat bayi lahir secara prematur. Padahal tidur akan memberikan banyak manfaat bagi Anda yang tengah mengandung, dimana salah satunya adalah membantu regenerasi sel-sel dalam tubuh yang telah rusak agar tumbuh menjadi sel-sel baru. Bukan hanya itu, istirahat yang cukup juga akan membantu meningkatkan produksi hormon yang baik untuk pertumbuhan Anda. Selain itu, istirahat yang cukup juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah konsentrasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, kelelahan justru akan rentan membawa dampak negatif bagi diri Anda sendiri.

Lantas? Apa yang harus dilakukan untuk menjag tubuh agar tak mudah lelah?

Saat Anda merasa lelah, maka cobalah untuk merileksasikan sejenak tubuh Anda dengan berbaring atau hanya sekedar duduk santai di sofa guna melancarkan kembali sirkulasi darah Anda. Jangan lupa, untuk menambahkan bantal pada bagian punggung dan meletakkan tatanan kaki (seperti bantal kecil) untuk menghindari kaki yang menggantung. Selain itu, cobalah untuk membiasakan diri tidur selama 7-9 jam pada malam hari guna mengistirahat tubuh Anda sendiri sehingga Anda dapat memperoleh kebugaran saat bangun di keesokan harinya.

Bukan hanya pada malam hari, Anda pun juga harus menyempatkan diri beristirahat di siang hari lantaran cuaca panas dapat mempengaruhi perubahan suhu tubuh Anda dan akan membuat Anda lebih sulit tidur saat kehamilan tengah memasuki trimester ketiga.

Saya tetap tak dapat tidur. Apakah ada solusi lain?

Apabila rasa gelisah tetap menghantui Anda, maka cobalah untuk mandi menggunakan air hangat sebelum Anda tidur sebab langkah ini dapat membantu merileksasikan otot-otot tubuh yang menegang. Bukan hanya itu, Anda juga dapat meminum segelas susu atau minuman hangat lain yang dapat menenangkan tubuh. Jika Anda belum juga bisa tidur, cobalah untuk pergi ke kamar tidur lebih awal agar nantinya anda tetap mendapatkan jam tidur yang sesuai dengan yang dianjurkan. Kemudian cobalah untuk melakukan hal-hal kecil seperti membaca buku-buku ringan atau melakukan berbagai hal yang mampu membuat tubuh menjadi rileks.

Sebenarnya, posisi tidur juga sangat mempengaruhi kualitas tidur sesorang. Oleh sebab itu, cobalah untuk memperhatikan posisi tidur Anda baik-baik. Cobalah untuk menghindari posisi telentang dan gantilah dengan tidur menyamping ke kiri atay ke kanan atau posisi yang Anda rasa benar-benar nyaman. Jangan lupa untuk menyangga perut Anda dengan benda yang nyaman seperti bantal kecil, jangan biarkan perut menggantung saat Anda tengah tertidur.

* * * * *
Buku Formula Cinta