perkembangan janin minggu ke 14 hingga minggu ke 27 oleh Kehamilan SegiEmpatPerut yang semakin membesar membuat Anda semakin tidak sabar menantikan kehadiran buah hati yang sedang berada dalam kandungan Anda. Saat penantian itulah Anda harus berusaha untuk selalu menjaga kesehatan buah hati yang berada dalam kandungan Anda agar perkembangannya tidak terganggu. Selain itu, Anda juga pasti semakin penasaran dengan perkembangan janin dalam kandungan. Karena pada minggu ke-14 sampai minggu ke-27, Anda sudah bisa merasakan beberapa gerakannya.

Berikut ini adalah perkembangan janin minggu ke-14 sampai minggu ke-27:

  • Perkembangan Janin pada Minggu ke-14

Pada minggu ini, janin memiliki leher yang semakin kuat dan panjang. Selain itu, akan tumbuh rambut halus di seluruh tubuh yang berfungsi untuk melindungi kulit. Rambut jenis ini dinamakan dengan lanugo. Pada minggu ini, sistem reproduksi bayi juga semakin berkembang yaitu kelenjar prostat pada bayi laki-laki dan ovarium pada bayi perempuan. Organ yang semula berada di rongga perut ini, akan menuju ke panggul. Pada minggu ini juga, detak jantungnya akan semakin menguat. Selain itu, belum adanya lapisan lemak membuat kulitnya tidak terlalu tebal. Pada minggu ini, janin memiliki panjang sekitar 80 hingga 110 mm dengan berat sekitar 25 gram.

  • Perkembangan Janin pada Minggu ke-15

Pada minggu ini, tulang dan sumsum tulang terus mengalami perkembangan. Janin yang berada dalam kandungan sudah mulai menghisap ibu jari dan menggenggam tangannya. Selain itu, kelopak matanya juga masih akan tertutup. Pada minggu ini, kulitnya masih begitu tipis sehingga akan memperlihatkan pembuluh darahnya. Selain itu jika Anda memiliki anak perempuan, ovariumnya akan menghasilkan jutaan sel telur. Pada minggu ini janin memiliki panjang sekitar 113 mm dan berat sekitar 49 gram.

  • Perkembangan Janin pada Minggu ke-16

Pada minggu ini, tubuh janin telah sempurna. Dia mendapatkan nutrisinya dari plasenta. Pada minggu ini juga, dia sudah bisa mendengar suara dan memiliki tulang yang kuat. Selain itu, sistem peredaran darah yang telah terbentuk akan mulai berfungsi. Perkembangan kerangka pada minggu ini akan membuat janin lebih banyak menyimpan kalsium pada tulang. Pada minggu ini, janin akan memiliki panjang sekitar 116 mm dengan berat sekitar 80 gram.

  • Perkembangan Janin pada Minggu ke-17

Pada minggu ini, lapisan lemak cokelat yang berfungsi untuk menjaga suhu bayi setelah lahir akan mulai berkembang. Selain itu, rambut, kening dan bulu matanya juga akan mulai tumbuh. Garis kulit yang terdapat pada ujung jari serta sidik jari bayi juga akan mulai terbentuk. Pada minggu ini, bayi memiliki panjang sekitar 12 cm dan berat sekitar 100 gram.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY