menyusun rencana persalinan oleh Hamil SegiEmpatRencana persalinan adalah rencana yang dibuat oleh calon Ibu, bidan dan anggota keluarganya dalam menghadapi persalinan. Hal ini akan meminimalisir terjadinya kekacauan dan kebingungan saat persalinan. Selain itu, rencana persalinan juga akan membantu calon Ibu untuk menerima bantuan secara cepat dan tepat.

Berikut ini adalah cara menyusun rencana persalinan yang baik:

  • Merencanakan hal yang nantinya harus dilakukan saat Ibu akan bersalin, yaitu tempat bersalin, tenaga kesehatan yang akan membantu proses persalinan, cara menghubungi tenaga kesehatan tersebut, kendaraan yang akan digunakan untuk menuju ke tempat persalinan, yang akan menemani Ibu saat bersalin serta biaya yang dibutuhkan saat persalinan.
  • Kemudian, calon orangtua dan keluarga juga harus mendiskusikan tentang rencana saat terjadi gawat darurat dengan bidan. Bidan harus tahu siapa yang harus mengambil keputusan saat terjadi gawat darurat dan siapa yang akan menggantikannya saat dia berhalangan.
  • Lalu, calon Ayah dan keluarga juga harus menyiapkan sistem transportasi jika nantinya terjadi keadaan gawat darurat. Adapun beberapa hal yang harus disiapkan dalam perencanaan sistem transportasi ini adalah letak tempat bersalin calon Ibu, cara untuk menjangkau tempat perawatan jika nantinya terjadi keadaan gawat darurat dan tempat Anda bisa mendapatkan donor darah dengan cepat.
  • Setelah semua perencanaan tersebut selesai, Anda juga harus menyiapkan dana untuk proses persalinan bayi nantinya. Untuk persalinan normal, biaya yang dikeluarkan mungkin akan lebih kecil. Namun calon ayah dan keluarga juga harus menyiapkan dana untuk melakukan operasi caesar jika nantinya harus dilakukan. Untuk mengetahui perkiraan dana yang harus disiapkan, sebaiknya calon orangtua sering melakukan konsultasi dengan dokter agar dana untuk persalinan bisa disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.
  • Persiapan terakhir yang harus dilakukan adalah peralatan yang nantinya akan digunakan untuk bersalin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan barang-barang yang nantinya akan digunakan saat persalinan sejak dini. Karena Anda sudah tidak lagi memiliki waktu yang cukup pada minggu-minggu terakhir kehamilan. Selain itu, waktu persalinan yang tidak dapat dipastikan juga adalah salah satu alasan Anda harus menyiapkan segala hal sejak dini. Selain Anda, pastikan agar suami dan anggota keluarga lain juga tahu tentang tempat Anda menyimpan barang tersebut sehingga Anda tidak kelabakan mencari saat waktu persalinan telah tiba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY